Jum'at, 24 Nopember 2017

Jelang Ramadan, Disperindag dan Polisi Pelototi Harga Sembako

Selasa, 16 Mei 2017 15:44:43 WIB
Reporter : Arif Fajar Ardianto
Jelang Ramadan, Disperindag dan Polisi Pelototi Harga Sembako
Jelang Ramadan, harga sembako mulai naik di Mojosari, Mojokerto. [Foto: misti/bj.com]mlah

Surabaya (beritajatim.com)--Dinas Perdagangan Kota Surabaya bersama dengan aparat Kepolisian yang tergabung dalam Satgas Pangan intensif melakukan pemantauan distribusi sembako di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Dinas perdagangan Kota Surabaya, Arini Pakistyaningsih mengatakan, operasi dilakukan untuk mengantisipasi kegiatan penimbunan, kartel, atau lainnya.

"Minggu-minggu ini kita intensif sidak di pasar-pasar,” ujarnya, Selasa (16/6/2017).

Arini mengaku, selain distribusi, pihaknya juga memantau harga sembako di pasaran. Sejauh ini, menurutnya, beberapa harga sembako masih relatif stabil, kecuali harga bawang putih.

"Sesuai HET (Harga Eceran tertinggi) Rp 30 ribu, tapi di pasaran ada yang Rp 48 ribu–50 ribu,” terangnya.

Kadis Perdagangan mengatakan, untuk menstabilkan harga, pihaknya bekerjasama dengan PD Pasar melakukan operasi pasar. Tiap hari operasi pasar dilaksanakan di dua kecamatan yang berbeda.

Dalam operasi pasar itu, harga bawang putih yang dijual berkisar Rp 28 ribu. Sementara jumlah bawang yang digelontorkan sekitar 50 kg.

"Kalau gula 100 – 150 kg, kalau beras yang banyak sudah beberapa ton kita jual ke masyarakat,” terangnya.

Sementara itu, mengenai dua jenis sembako yang HET-nya telah ditetapkan Kementerian Perdagangan, yakni gula sebesar Rp 12,5 ribu dan minyak goreng Rp 11 ribu per kilogram, selama ini dalam pengawasan lapangan belum ada pelanggaran. Sebaliknya, sejumlah toko modern dan tradisional justru menjualnya dengan harga lebih murah.

“Di toko malah gula dijual dengan harga Rp 11.900 – 12 ribu,” katanya.

Arini mengatakan, operasi pasar dilaksanakan menjelang Ramadan. Setelah memasuki Ramadan hingga jelang Idul Fitri, kegiatan yang dilakukan Dinas perdagangan berupa Bazar Ramadhan. Kegiatan itu dilaksanakan serentak di 31 kecamatan. "Tak hanya sembako, consumer goods juga ada,” tandasnya. [air/rif]

Tag : sembako

Komentar

?>