Rabu, 26 Juli 2017

APTRI: Pusat Penelitian Perkebunan Gula Sudah Lampu Merah

Sabtu, 13 Mei 2017 17:26:51 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
APTRI: Pusat Penelitian Perkebunan Gula Sudah Lampu Merah
Ketua Umum Dewan Pembina APTRI, Arum Sabil.

Pasuruan (beritajatim.com)-- Ketua Umum Dewan Pembina Dewan Pimpinan Pusat Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia Arum Sabil menilai, Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia (P3GI) sudah kehilangan arah.

"Sekarang P3GI sudah dalam kondisi darurat. Bukan lampu kuning lagi, tapi sudah lampu merah. Karyawannya nyaris tidak digaji. Bagaimana mereka menghasilkan penelitian bagus, kalau ekonomi mereka saja sudah ada masalah. Ini tanggung jawab siapa? Jangan terjadi pembiaran," kata Arum, di sela-sela Rapat Kerja Nasional Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia, di Aula Pusat Penelitian Perkebunan Gula Indonesia, Kota Pasuruan, Jumat dan Sabtu (12-13/5/2017).

Menurut Arum, kejelasan status dan legalitas institusi yang menaungi P3GI sangat penting. P3GI membutuhkan sarana dan prasarana untuk menyediakan bibit unggul bagi industri gula nasional.

"Sarana prasarana dan biaya itu dari mana? Tentu harus ada yang bertanggung jawab, apakah swasta atau negara. Ini swasta tidak jelas, negara juga tidak jelas," katanya.

Arum mengingatkan, swasembada gula nasional tak bisa lepas dari ruang yang diberikan pemerintah terhadap kerja-kerja riset dan pengembangan.

"Kalau pemerintah memperhatikan ini, berarti terbukti bahwa antara ucapan yang disampaikan dengan fakta di lapangan benar-benar bisa kita percaya. Tapi kalau sudah dibiarkan, sulit kita (percaya). Kalau tidak bisa menyelesaikan urusan gula, jangan harap persoalan yang lain bisa diselesaikan, karena urusan gula ini paling mudah diselesaikan, sistemnya sudah jalan," katanya. [air/wir]

Tag : aptri gula

Komentar

?>