Minggu, 18 Nopember 2018

Menteri Susi Dapat Hadiah Radar Canggih dari Jepang

Sabtu, 22 April 2017 19:34:28 WIB
Reporter : -
Menteri Susi Dapat Hadiah Radar Canggih dari Jepang

Jakarta (beritajatim.com) - Pada 14-17 April ini, Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan kunjungan kerja ke Jepang. Hasilnya apa?

Di negeri Sakura, Menteri Susi banyak menandatangani kerja sama di sektor kelautan dan perikanan. Misalnya pembangunan pelabuhan perikanan daerah di pulau terluar, pemberian 6 unit coastal radar, atau radar untuk mendeteksi pencurian ikan oleh kapal asing.

"Ke Jepang kemarin kami menjajaki kerjasama pembangunan enam pelabuhan, yaitu pelabuhan perikanan di enam pulau terluar. Kami juga minta bantuan coastal radar seperti yang sudah mereka berikan di wakatobi," kata Susi kepada wartawan di Kompleks Widya Chandra, Jakarta, Jumat (21/04/2017).

Kata pemilik Maskapai Susi Air ini, kunjungan ke Jepang, membawa pulang kerja sama pembangunan capacity building, atau sarana edukasi. Penting untuk meningkatkan fungsi pengawasan Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDKP).

Konkretnya, kata Susi, akan ada bea siswa khusus petugas PSDKP untuk menuntut ilmu di Jepang. "Dengan kerja sama ini akan menjadi investasi Jepang pertama yang menyasar bidang livelihood, di luar otomotif dan infrastruktur," kata Susi.

Menurut Susi, Jepang sangat mengapresiasi langkah KKP yang konsisten dalam menjaga kelestarian sumber daya laut, melalui moratorium dan IUUF (Illegal, Unreported and Unregulated Fishing) selama 2 tahun belakangan. [ipe]

Sumber : Inilah.com
Tag : maritim

Komentar

?>