Sabtu, 19 Agustus 2017

Pembangunan Spillway Waduk Pacal Masih Bersifat Sementara

Kamis, 20 April 2017 15:15:17 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Pembangunan Spillway Waduk Pacal Masih Bersifat Sementara

Bojonegoro (beritajatim.com) - Pintu buang air (spillway) yang ada di Waduk Pacal, Kecamatan Temayang Kabupaten Bojonegoro masih dalam penanganan darurat. Penanganan darurat dilakukan karena pintu air tersebut rusak. Kerusakan terjadi sejak 2014 lalu.

Kepala Dinas Pengairan Pemkab Bojonegoro, Edy Susanto, mengatakan pembangunan spillway itu sudah dikerjakan sejak 2014. Namun sifatnya masih penanganan darurat. "Jika sudah dibangun permanen tampungan air lebih besar," katanya, (20/7/2017).

Pembangunan secara permanen, kata dia, rencananya akan dilakukan tahun ini (2017). Saat ini air tampungan di waduk yang berada di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang distabilkan pada posisi 14.05 peilschall. "Kalau ditampung terus akan jebol karena temboknya sudah tua," jelasnya.

Pembangunan Waduk Pacal tersebut dilakukan oleh Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan solo dengan menggunakan anggaran sebesar Rp15 sampai Rp16 miliar. Limpahan air tersebut rencananya diarahkan ke Waduk Gongseng. Saat ini Waduk Gongseng masih dalam tahap pembangunan.

Sekadar diketahui, waduk pacal yang pembangunannya sejak 1933 itu kini hanya bisa menampung air sebesar kurang lebih 21 juta meter kubik dan bisa mengairi lahan pertanian seluas 13 ribu hektare. Hal itu disebabkan karena terjadi pendangkalan. Waduk tersebut awalnya mampu menampung air sebesar 41 juta meter kubik dan bisa mengairi lahan pertanian seluar 16.600 hektare. [lus/but]

Tag : waduk pacal

Berita Terkait

    Komentar

    ?>