Selasa, 21 Nopember 2017

Pabrik Semen Rembang untuk Tingkatkan Sales di Jawa Bagian Barat

Minggu, 02 April 2017 22:08:27 WIB
Reporter : Ainur Rohim
Pabrik Semen Rembang untuk Tingkatkan Sales di Jawa Bagian Barat

Surabaya (beritajatim.com)--Direncanakan pada semester I tahun 2017 ini, pabrik Semen Rembang milik PT Semen Indonesia (Pesrero) Tbk memasuki tahap produksi secara komersial. Pabrik dengan kapasitas produksi 3 juta ton per tahun itu menelan investasi Rp 4,98 triliun.

Soal langkah masa depan pabrik Semen Rembang itu diputuskan dalam RUPS PT Semen Indonesia (SI) di Jakarta beberapa hari lalu.

"Dalam rangka mengoptimalkan keunggulan strategis perseroan di masa yang akan datang, hingga 31 Desember 2016 perseroan melakukan pengembangan kapasitas bisnis, antara lain: Menyelesaikan proyek pabrik Semen Rembang dengan kapasitas 3 juta ton. Progress pembangunan pada 31 Desember 2016 mencapai 98,75%. Seluruh perizinan untuk operasional pabrik telah diperoleh dan ditargetkan memasuki produksi komersial pada semester I 2017, dengan estimasi biaya penyelesaian mencapai Rp 4,98 triliun," demikian pers rilis PT SI yang diterima beritajatim.com beberapa hari lalu.

Proyek strategis lain yang sedang dikerjakan dan dikebut penyelesaiannya adalah pabrik Semen Indarung VI di bawah PT Semen Padang (Persero) dengan kapasitas 3 juta ton, dengan estimasi biaya penyelesaian mencapai Rp 4,2 triliun. Kedua proyek ini bakal menambah kapasitas produksi SI Grup sebanyak 6 juta ton per tahun.

Di tahun depan, tingkat kapasitas produksi pabrik semen di bawah bendera SI Grup bisa menyentuh angka 41,5 juta ton per tahun. Selain itu, korporasi juga sedang membangun pabrik semen di Nanggroe Aceh Darussalam (NAD), dan kabarnya, juga di Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Pabrik Semen Rembang memiliki nilai strategis bagi SI. Produksi pabrik ini diorientasikan untuk pasar di Pulau Jawa bagian barat dan tengah. Sebab, selama ini tingkat market share semen produk SI di kawasan barat Pulau Jawa tak sebagus di kawasan tengah dan timur Pulau Jawa. Sedang produksi dari pabrik Semen Gresik di Tuban dilempar ke pasar tradisional SI di Jatim dan kawasan Indonesia Timur. Untuk produk pabrik Semen Padang sebagian diekspor ke sejumlah negara di kawasan regional Asia. [air]

Komentar

?>