Rabu, 13 Desember 2017

Di Jerman, Sri Mulyani Kritik Donald Trump

Senin, 20 Maret 2017 11:32:03 WIB
Reporter : -
Di Jerman, Sri Mulyani Kritik Donald Trump

Baden-Baden (beritajatim.com) - Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dan Gubernur Bank Indonesia Agus Martowardojo beberapa waktu lalu menghadiri pertemuan G-20 di Baden-Baden, sebuah kota di negara bagian Baden-Wrttemberg, barat daya Jerman. Kota ini menjadi tempat pertemuan para Menteri Keuangan dan Gubernur Bank Sentral negara-negara anggota G-20.

Pertemuan ini didahului dengan, "High Level Symposium on Global Economic Governance in a Multipolar World" yang dihadiri oleh para menteri dan tokoh ekonomi terkemuka dunia.

Pada simposium tersebut, Sri Mulyani mempertanyakan komitmen G-20 terhadap kerja sama global dan perdagangan dunia. Sri menyinggung hal tersebut lantaran adanya perubahan pandangan yang dilakukan oleh Presiden Amerika Serikat Donald John Trump terhadap perdagangan global dan kerja sama multilateral yang lebih proteksionis.

"Indonesia mengingatkan bahwa G-20 harus mampu menjaga komitmennya sehingga tidak mengancam kredibilitas kerjasama G-20 sendiri," kata Sri dalam keterangan tertulisnya di Jakarta, Senin (20/03/2017).

Pandangan ini kemudian disambut oleh para menkeu negara-negara G-20 yang memberikan dukungannya mengenai perlunya penegasan komitmen ini dilakukan.

Dalam pertemuan ini Sri juga menegaskan posisi Indonesia terhadap isu perpajakan. Ia menjelaskan mengenai perlunya kerjasama perpajakan internasional untuk mengatasi penghindaran pajak.

Secara khusus, ia juga mengingatkan mengenai kewajiban pajak dari digital economy. Menurut dia, kewajiban pajak dari digital economy harus bersifat fair dan bagian terbesar harus dinikmati oleh negara dimana kegiatan transaksinya terjadi, bukan dimana kantor digital economy tersebut terdaftar. [lat]

Sumber : Inilah.com
Tag : ekonomi

Komentar

?>