Kamis, 19 Oktober 2017

BI Jember Dorong Ekspor Beras Organik

Jum'at, 17 Maret 2017 21:17:02 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
BI Jember Dorong Ekspor Beras Organik
Foto Ilustrasi

Jember (beritajatim.com) - Kantor Bank Indonesia Perwakilan Kabupaten Jember mendorong petani di Kecamatan Sumberjambe untuk mengekspor beras organik. Beras organik akan menjadi keunggulan komparatif Kabupaten Jember.

Pemimpin Kantor BI Jember Achmad Bunyamin akan mengupayakan beras organik yang diproduksi di Sumberjambe mendapat sertifikasi internasional, sehingga peluang ekspor menjadi lebih baik. "Selama ini memang sudah ada beras organik yang diekspor dari lima hektare lahan. Tapi beras itu dikirim ke Banyuwangi dan teman-teman di sana yang mengekspornya," katanya.

Kantor BI Jember memperkuat ikhtiar untuk mendorong hal tersebut dengan menandatangani nota kesepahaman dengan Koperasi Serba Usaha Tani Jaya, di Pendapa Wahyawibawagraha, Kamis (16/3/2017) kemarin.

BI akan mengupayakan bekerjasama dengan eksportir yang sejalan. "BI memfasilitasi pengembangan, bantuan teknis, manajerial manajemen keuangan, dan sedikit bantuan dari CSR (bantuan dana tanggungjawab sosial) untuk peralatan," kata Bunyamin.

BI akan mendorong para petani dengan bantuan Pemerintah Kabupaten Jember, terutama untuk bersepakat dengan pembeli. Namun petani harus berupaya memasok kebutuhan pembeli dengan kontinyu dan konsisten. Saat ini, menurut Bunyamin, ada sekitar 50 hektare lahan yang mengembangkan padi organik.

"Kalau kita mau ekspor, harus genjot (produksi). Mudah-mudahan teman-teman di sana berbelok ke organik," katanya. BI melibatkan akademisi dari Universitas Muhammadiyah Malang. Selain meningkatkan produktivitas, para petani harus bisa mengembangkan produk sebagai parameter keberhasilan klater beras organik. [wir/but]

Tag : ekspor impor

Komentar

?>