Sabtu, 29 April 2017

Tips dari Herman Josep

Kiat Sukses Bisnis Online: Tidak Cukup dengan Promosi

Sabtu, 11 Maret 2017 18:20:55 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Kiat Sukses Bisnis Online: Tidak Cukup dengan Promosi

Surabaya (beritajatim.com) - Produsen barang yang menjalankan bisnis E-commerce di Indonesia mempunyai pangsa pasar hingga 70 persen. Peningkatan itu diimbangi dengan meningkatnya pengguna internet yang mencapai 130 juta orang di tahun 2016.

Hal tersebut diungkapkan CEO of PRO-M Organizer Training, Herman Josep Soewono di sela Supersemar of ecommerce, di Galaxi Mal Exhibition Center Surabaya, Sabtu (11/3/2017).

"Pasar sangat besar bagi dunia retail. Mau tidak mau suka atau tidak suka bisnis semacam ini tahun mendatang akan dibutuhkan," ungkap Herman Josep.

Herman menjelaskan bisnis online tidak hanya diimbangi sarana promosi. Pentingnya kedekatan personal dengan konsumen perlu ditekankan.

"Sosial media itu memang sangat membantu mempercepat informasi, tapi pendekatan personal penting. Jeleknya orang kita itu jarang mendekatkan dengan konsumen. Jadi Sosmed bukan satu satunya alat," urainya.

Pada kesempatan yang sama, salah satu pembicara Tung Dasem Waringin menambahkan tantangan yang dihadapi para pengusaha bisnis online adalah masalah penjualan.

"Sebagus apapun produk yang dijual tanpa diimbangi dengan marketing yang handal maka hal itu akan percuma," paparnya

Ia mengungkapkan, pada pangsa pasar perdagangan barang via online hanyalah ada pada cara menjual dan meyakinkan calonb pembeli yakni ada pada pundak marketing.

"Tantangan nomer satu itu ada pada marketing, anda bisa gak jualan melalui dunia online, karena di dunia online ini, anda bersaing langsung dan sangat ketatat," ungkapnya.

Selain itu, tamabahnya. Para produsen harus memiliki data information pelanggan, karena sebagai peta market yang dibutuhkan oleh pelanggan.

"Dan Ini tentunya juga harus diimbangi dengan mengemas penawaran menarik, kalau tidak menarik maka anda tidak akan di klik," ujar Dasem.

Diketahui, Seminar Supersemar of ecommerce menghadirkan 11 pembicara yang sehari hari bergerak di dunia online. Seperti James Gwee (Indonesia’s Pavourite Trainer & Seminar Speaker), Juanda Rovelim (Digital Marketer), Gaery Undarsa (Co-Founder of Tiket.com).

Selain itu, Sunil Tolani (CEO IDAFF), Frans Budi Pranata (CFO Kinerja Pay Corp & Best CEO SWA 2013-2015), Deny Rahardjo (CEO PT Kinerja Pay Indonesia), Denny Santoso (Digital Marketer) dan Bari Arijono (Ketua Umum ADEI). [ito/but]

Komentar

?>