Sabtu, 21 Oktober 2017

Rehab Rumah Nenek Makan Rumput Itu Selesai

Jum'at, 10 Maret 2017 21:06:30 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Rehab Rumah Nenek Makan Rumput Itu Selesai

Jember (beritajatim.com) - Rehabilitasi rumah Bu Rokayah (70), warga Dusun Krajan B, Desa Gambirono, Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember yang sempat diberitakan makan rumput tuntas.

Sebelum rumah itu selesai diperbaiki pemerintah, Rokayah tinggal di Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Sosial Tresna Werdha milik Pemerintah Provinsi Jawa Timur, di Desa Kasiyan, Kecamatan Puger. Camat Bangsalsari Murtadlo berterima kasih atas perhatian publik terhadap Rokayah. "Rumah ini menjadi rumah sehat dan siap huni," katanya, Jumat (10/3/2017).

Sebelum berita mengenai dirinya menghebohkan sejumlah media massa nasional, Rokayah tinggal di  sebuah rumah yang terbuat dari anyaman bambu. Sehari-hari, dia tidur di atas dipan reot dan memasak dengan tungku yang terbuat dari batu bata dan tanah. Atap rumahnya berlubang dan ditembus air saat hujan. Dia tak punya anak, suaminya meninggal beberapa tahun silam.

Rokayah terkadang mendapat bantuan beras dari tetangga. Namun saat beras habis, dia memilih memakan rumput daripada merepotkan orang lain. Dia bahkan sempat memakan rumput. Rumput itu dicabutnya dari belakang rumah. Sebelum dimakan, Rokayah mengulek hingga halus dan mudah ditelan.

Murtadlo berterima kasih kepada semua pihak yang berpartisipasi memberikan bantuan kepada Rokayah. Dia juga menghargai media massa yang memberitakan kehidupan Rokayah.

Pemerintah akan memantau kondisi Rokayah selanjutnya setelah menempati rumah itu. Rokayah akan kembali ke rumah tersebut setelah pemerintah daerah berkoordinasi dengan pengurus panti. [wir/ted]

Komentar

?>