Selasa, 21 Nopember 2017

Miskan 'Manusia Kamar Mandi' Jember Paksa Pulang dari Rumah Sakit

Selasa, 07 Maret 2017 17:40:16 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Miskan 'Manusia Kamar Mandi' Jember Paksa Pulang dari Rumah Sakit

Jember (beritajatim.com) - Miskan (55), lelaki warga Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, yang lumpuh karena pernah terkena stroke dan tinggal di kamar mandi selama bertahun-tahun, memaksa pulang dari Rumah Sakit Daerah dr. Soebandi.

Informasi ini disampaikan Humas RSD dr. Soebandi Justina Evy Tyaswati, Selasa (7/3/2017). "Dia masuk Senin (6/3/2017) kemarin pada pukul 14.15, dan pulang pada 15.30. Yang meminta pulang Bu Misnati," katanya.

Selama ini, Miskan tinggal dan tidur dalam kamar mandi dan dirawat Misnati, warga setempat pemilik bangunan. Kasurnya berdekatan dengan jamban. Dia menderita sakit stroke selama bertahun-tahun dan tak bisa berjalan.

Miskan sebenarnya punya anak yang bekerja di Malaysia. Dia ditinggalkan istrinya setelah sakit parah. Akhirnya, Misnati merawat Miskan karena kasihan. Sebenarnya dia ingin merawat Miskan dengan layak. Namun dia sendiri terimpit kemiskinan. Tak lagi bersuami, Misnati harus bekerja keras menghidupi dirinya sendiri dengan mencari ceceran padi yang digiling (ngasak).

Evy mengatakan, tim dokter belum sempat memeriksa secara mendalam kondisi Miskan. Dia hanya diperiksa dokter yang bertugas di Instalasi Gawat Darurat. "Kata dokter IGD, cacatnya karena penyakit stroke yang lama. Tapi kami belum meneliti apakah ada sebab lain. Tapi tekanan darahnya (normal), 140/90," katanya.

Evy menyarankan agar Miskan ditangani puskesmas terlebih dulu. "Puskesmas bisa membuat perawatan rumah (home care). Pemerintah desa harus dilibatkan untuk membantu," katanya. [wir/ted]

Komentar

?>