Senin, 25 September 2017

Wakil Ketua DPRD Jember Sambangi Warga yang Tinggal di Kamar Mandi

Senin, 06 Maret 2017 20:16:42 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Wakil Ketua DPRD Jember Sambangi Warga yang Tinggal di Kamar Mandi

Jember (beritajatim.com) - Wakil Ketua DPRD Jember Ayub Junaidi menjenguk Miskan (55), lelaki warga Dusun Krajan, Desa Sukorejo, Kecamatan Bangsalsari, yang lumpuh karena pernah terkena stroke dan tinggal di kamar mandi selama bertahun-tahun, Senin (6/3/2017).

Ayub datang bertepatan dengan kehadiran petugas Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur. Mereka membawa Miskan ke RS Daerah dr. Soebandi. Bahkan Ayub ikut menggotong Miskan ke kendaraan.

"Sebenarnya hal seperti ini bagaikan fenomena gunung es. Ini potret Kabupaten Jember yang harus segera ditangani cepat oleh pemerintah daerah. Kita tak bisa hanya menjadi seperti pemadam kebakaran. Penanganan kemiskinan harus terkonsep baik," kata Ayub.

Ayub mengatakan, Pemerintah Kabupaten dan DPRD Jember sudah menganggarkan Rp 20 miliar untuk penanganan warga miskin yang sakit. "Cuma yang kurang adalah sosialisasi kepada masyarakat. Banyak yang tidak tahu bahwa masyarakat miskin terjamin dalam hal kesehatan. Tugas pemerintah daerah adalah memberi sosialisasi kepada pemerintah kecamatan dan desa," katanya.

Miskan selama ini tinggal dan tidur dalam kamar mandi. Kasurnya berdekatan dengan kakus. Dia menderita sakit stroke selama bertahun-tahun. Dia dirawat Misnati, warga setempat yang memiliki bangunan yang ditempati Miskan. "Dia tidak bisa berjalan," kata perempuan tersebut.

Miskan sebenarnya punya anak yang bekerja di Malaysia. Dia ditinggalkan istrinya setelah sakit parah. Akhirnya, Misnati merawat Miskan karena kasihan. Sebenarnya dia ingin merawat Miskan dengan layak. Namun dia sendiri terimpit kemiskinan. Tak lagi bersuami, Misnati harus bekerja keras menghidupi dirinya sendiri dengan mencari ceceran padi yang digiling (ngasak). [wir/ted]

Komentar

?>