Kamis, 22 Juni 2017

Tiga Maskapai Penerbangan Lirik Bandara Trunojoyo

Senin, 27 Februari 2017 12:02:22 WIB
Reporter : Temmy P.
Tiga Maskapai Penerbangan Lirik Bandara Trunojoyo
Trunojoyo: Aktifitas penerbangan di bandara Trunojoyo Sumenep. [Foto: temmy/bj.com]

Sumenep (beritajatim.com)--Tiga maskapai mulai melirik Bandara Trunojoyo Sumenep, untuk membuka jalur penerbangan komersil.

"Pemkab dan Otoritas Bandara Trunojoyo sudah beberapa kali menjalin komunikasi dengan tiga maskapai untuk memanfaatkan Bandara Trunojoyo sebagai jalur penerbangan komersil pesawat mereka," kata Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sumenep, Hadi Soetarto, Senin (27/02/2017).

Tiga maskapai tersebut adalah PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Kal Star Aviation, dan Wings Air.

"Kami menawarkan tiga jalur penerbangan komersial ke tiga maskapai itu, yakni Sumenep-Bali, Sumenep-Sampit, dan Sumenep-Balikpapan," ujarnya.

Menurut Atok, sapaan akrab Hadi Soetarto, ketiga maskapai tersebut memberikan sinyal tertarik memanfaatkan Bandara Trunojoyo. Namun saat ini masih dalam tahap kajian, apakah dari sisi bisnis mampu memberikan keuntungan pada perusahaan atau tidak.

"Karena ini jalur penerbangan komersil, otomatis pihak maskapai juga harus berhitung untung ruginya. Jadi, sekarang masih dalam tahap kajian. Kalau secara teknis, Bandara Trunojoyo sudah layak untuk aktivitas penerbangan pesawat komersial berkapasitas 70 penumpang," ungkapnya.

Sejak 2015, Bandara Trunojoyo Sumenep menjadi bagian dari jalur penerbangan perintis yang merupakan program Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI.

Tahun 2017, jalur penerbangan perintis yang dilayani pesawat milik PT Airfast Indonesia adalah Sumenep-Surabaya dan sebaliknya, Surabaya-Bawean dan sebaliknya, Surabaya-Karimunjawa dan sebaliknya. [air/tem]

Komentar

?>