Selasa, 26 September 2017

Cabe Mahal, Dirjen Holtikultura: Kalau Cari Untung Jangan Terlalu Tinggi

Rabu, 11 Januari 2017 20:57:25 WIB
Reporter : Brama Yoga Kiswara
Cabe Mahal, Dirjen Holtikultura: Kalau Cari Untung Jangan Terlalu Tinggi

Malang (beritajatim.com) - Dirjen Holtikultura Kementerian Pertanian, Spudnik Sujono, berterima kasih pada petani cabe di Desa Purworejo Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang.

Dalam kunjunganya saat panen raya tanaman cabe ditempat itu, Rabu (11/1/2017) siang, Sujono memuji rasa nasionalisme petani cabe yang mau menjual tanaman cabe mereka ke pemerintah melalui Bulog dan Perusahaan Perdagangan Indonesia (PPI).

“Kami bersyukur petani cabe di Desa Purworejo masih mempunyai darah merah putih. Artinya, mereka turut membantu menstabilkan harga cabe yang terus melambung,” ungkap Sujono.

Menurutnya, pemerintah dalam hal ini sangat membantu para petani cabe dan berharap mereka juga memperoleh untung. Tapi jika harga yang dijual melebihi harga semestinya, hal itu sangat merugikan pasar selaku konsumen.

“Sekarang harga cabe di Jakarta sangat mahal. Sementara harga cabe diluar Jawa cukup stabil. Kalau situasi begini terus, kasihan konsumen,” paparnya.

Sujono melanjutkan, okelah kalau harga cabe di tingkat petani dijual degan harga Rp 50 ribu perkilogramnya.

Tidak sampai seratus ribu misalnya. Dengan harga lima puluh ribu tersebut, petani sudah untung atau balik modal. Kalau pun kondisi tanaman cabe rusak, masih bisa diangka Rp 25 ribu sampai Rp 30 ribu per kilogramnya.

“Maksud kami dari pemerintah, membeli cabe petani di Ngantang untuk menstabilkan harga dipasar. Kita beli harga cabe per kilogramnya Rp 35 ribu. Boleh saja cari untung. Tapi mbok ya jangan terlalu tinggi kalau cari untung,” ujarnya.

Terdapat 30 hektar tanaman cabe milik petani di Desa Purworejo, Kecamatan Ngantang, Kabupaten Malang. Satu hektar tanaman cabe ditempat itu, mampu menghasilkan 15 ton cabe. Dengan harga Rp.35 ribu per kilogramnya, petani cabe dikawasan tersebut sama dengan menjual satu pohon cabe dengan harga tujuh ribu rupiah. (yog/ted)

Tag : harga cabe

Komentar

?>