Kamis, 23 Nopember 2017

Kontrol Penjualan, Distributor SI Launching Aplikasi Forca ERP

Rabu, 11 Januari 2017 16:25:58 WIB
Reporter : Yusuf Wibisono
Kontrol Penjualan, Distributor SI Launching Aplikasi Forca ERP

Jombang (beritajatim.com) - Kemajuan teknologi informasi bergerak begitu cepat. Agar tidak ketinggalan, pelaku usaha juga harus mengikutinya. Hal itulah yang disadari PT Panca Putera Cipta Perkasa (PPCP), distributor Semen Gresik wilayah 4 Jatim (Jombang, Kediri, Nganjuk, Tulungagung, Blitar, Trenggalek).

Untuk memudahkan kontrol penjualan dari hulu sampai hilir, distributor yang beralamat di Jl Brigjen Kretarto Jombang ini melaunching aplikasi Software Enterprise Resources Planning (ERP) bertajuk FORCA ERP. Launching tersebut dihadiri PT Sinergi Informatika Semen Indonesia (SISI), anak perusahan PT Semen Indonesia yang bergerak di bidang IT (informasi teknologi). Selain itu juga hadiri perwakilan dari Semen Indonesia.

Miftachur Rozaq, perwakilan PT SISI mengatakan, FORCA ERP merupakan sistem yang terintegrasi. Yakni menghubungkan proses bisnis dari hulu hingga hilir. Mulai pengadaan dan pembelian barang, hingga penjualan. Semua proses tersebut terekam dalam sistem yang sama dan terintegrasi.

"Semisal pembelian barang dari distributor ke pabrik, bisa dilakukan lewat gadget. Kita tinggal mengakses ke link-nya. Ini sangat memudahkan transaksi. Karena dari distributor ke pabrik sudah terbangun sistem lewat aplikasi sofware FORCA ERP," ujar Rozaq, Rabu (11/1/2017), saat launching di distributor Semen Indonesia, PT PPCP Jombang.

Rozaq menambahkan, sebelum menggunakan aplikasi, distributor masih menerapkan cara manual ketika mengontrol penjualan. Teknisnya, pihak pabrik mengambil data dari gudang distributor. Data penjaulan tersebut dikirim lewat email. Selanjutnya, pihak menejemen atau pusat merekap data guna pembuatan laporan keuangan.

Tentu saja, lanjut Rozaq, metode tersebut membutuhkan waktu cukup lama. Rantai birokrasinya relatif panjang. "Nah, dengan aplikasi FORCA ERP, hal tersebut tidak dilakukan. Dari pusat sudah bisa melakukan penarikan data secara otomatis. Karena sistemnya sudah terintegrasi. Pihak pusat juga langsung bisa membuatkan laporan keuangan," katanya merinci.

General Manager PT PPCP Rusgiyanto menambahkan, perusahaan yang ia kelola sudah setahun menggunakan aplikasi tersebut. Walhasil, kinerja distributor lebih efisien. Karena ada kecepatan untuk memperoleh data.

"Semisal untuk laporan harian kita tidak perlu lagi mengirim lewat email. Jadi bisa lebih cepat. Data penjualan bisa realtime karena menggunakan sistem yang terintegrasi," kata Rusgianto sembari mengatakan bahwa PT PPCP dalam satu bulan bisa menjual semen sebesar 1,2 juta zak.

Kepala Departemen Penjualan SI, Bambang Djoko mengatakan, launching aplikasi tersebut merupakan wujud kepedulian SI terhadap mitra kerja. "Tentunya, dengan adanya FORCA ERP ini menguntungkan kedua belah pihak," kata Bambang singkat. [suf]

Komentar

?>