Rabu, 29 Maret 2017

Ini Strategi Semen Indonesia Tahun 2017

Senin, 09 Januari 2017 19:00:01 WIB
Reporter : Deni Ali Setiono
Ini Strategi Semen Indonesia Tahun 2017

Gresik (beritajatim.com) - Lesunya perekonomian di tahun 2016 tidak membuat perusahaan dengan kode emiten SMGR, atau PT Semen Indonesia (persero) Tbk menyerah. Memasuki minggu pertama 2017, Semen Indonesia dua strategi agar tetap bisa leader sebagai penguasa market share di sektor industri semen nasional.

Dua strategi yang dimaksud adalah brand (merek) dan distribusi (pengiriman). Melalui dua strategi itu, Semen Indonesia yakin di tahun 2017 pertumbuhannya bisa meningkat lagi.

"Di tahun 2017 kami mengandalkan dua strategi agar tetap bisa bersaing dan meningkatkan pertumbuhan. Strategi itu adalah brand, dan distribusi," kata Dirut PT Semen Indonesia (persero) Tbk, Rizkan Chandra kepada wartawan, Senin (9/01/2017).

Lebih lanjut Rizkan Chandra mengatakan, yang dimaksud dengan strategi brand adalah memperkuat brand Semen Indonesia di seluruh areanya. Alasannya lanjut Rizkan Chandra, karena selama ini brand perusahannya masih kurang di Pulau Jawa bagian barat.

"Brand kami di daerah harus segera diperbaiki. Targetnya, di tahun 2017 seluruh Indonesia brand Semen Indonesia harus menjadi brand premium," tuturnya.

Sedangkan untuk distribusi lanjut Rizkan Chandra, terus diperbaiki. Khususnya, memperbaiki value bility di customer dan juga menurunkan cost dengan cara struktural.

"Contoh yang dimaksud struktural adalah saat kita pergi dari Gresik ke Surabaya. Muatan baliknya lebih baik ada daripada tidak ada sama sekali. Sehingga, bisa menekan cost di distribusi," ujarnya.
 
Disinggung mengenai pemain baru di industri semen seperti Anhui Cement asal China. Dijelaskan Rizkan Chandra, perusahaan itu merupakan calon pesaing besar. Untuk itu, pihaknya akan terus memperhatikan setiap langkahnya.

"Berdasarkan informasi saat ini Anhui Cement masih bermain di Pulau Kalimantan, dan produksinya belum banyak. Namun, jika masuk ke Pulau Jawa tentunya ada hal-hal yang dilakukan oleh kami," ungkapnya. [dny/but]

Komentar

?>