Rabu, 29 Maret 2017

Ratusan Hektare Padi di Bojonegoro Diserang Hama

Sabtu, 31 Desember 2016 21:48:06 WIB
Reporter : Tulus Adarrma
Ratusan Hektare Padi di Bojonegoro Diserang Hama
Foto Ilustrasi

Bojonegoro (beritajatim.com) - Sedikitnya seluas 593 hektare tanaman padi di Kabupaten Bojonegoro diserang hama. Berbagai jenis hama tanaman padi seperti penggerek batang, hama putih palsu, wereng, potong leher, dan tikus yang menyerang sulit dibasmi.

Kepala Bidang Produksi Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro Zaenal Fanani, mengatakan, pihaknya sudah mengupayakan untuk menyelamatkan tanaman padi yang diserang hama tersebut bersama dengan petani dan petugas penyuluh pertanian lapangan.

"Tanaman padi yang diserang organisme pengganggu hama tanaman itu di antaranya diserang wereng seluas 26 hektare, tikus seluas 519 hektare, penggerek batang seluas 40 hektare, dan pilikularia seluas 8 hektare," ujarnya, Sabtu (31/12/2016).

Dari berbagai serangan hama tanaman itu, petani maupun penyuluh sudah melakukan upaya penyelamatan tanaman padi. Caranya dengan memberikan berbagai obat-obatan untuk pencegahannya.

Seperti penggunaan insektisida sesuai anjuran, penggunaan fungisida, penggunaan bakterisida sesuai anjuran, sanitasi lingkungan, pengumpanan, pengutipan dan pemasangan perangkap, pengeringan air sawah, sanitasi daun tanaman terserang. "Kita dampingi petani yang lahannya diserang hama," ujarnya.

Menurut Setyawan, petani di Desa Mayangrejo, Kecamatan Kalitidu, hama penggerek tanaman itu menyerang tanaman padi berumur 2 bulan. Batang tanaman padi rusak dan membusuk. Akibatnya, tanaman padi tidak berbuah bulir padi.

"Saya sudah beri berbagai obat pembunuh hama, namun buktinya sulit sekali membasmi hama itu," ujarnya. [lus/but]

Tag : pertanian

Komentar

?>