Jum'at, 20 Januari 2017

Hadapi Libur Natal, PT KAI Periksa Wesel Rel Dua Kali Sehari

Rabu, 21 Desember 2016 00:13:44 WIB
Reporter : Fahrizal Tito
Hadapi Libur Natal, PT KAI Periksa Wesel Rel Dua Kali Sehari

Surabaya (beritajatim.com) - Untuk memaksimalkan pelayanan angkutan jelang Natal dan Tahun Baru, PT Kereta Api Indonesia (KAI), Daerah Operasional 8 Surabaya, meningkatkan pemeriksaan Wesel atau tempat memindahkan jurusan jalan kereta api tiap sehari dua kali.

"Pemerikasaan kita lakukan dua kali sehri. Yakni memberi pelumas. Karena tingkat kecepatan wesel yang cenderung tinggi pada musim libur natal dan tahun baru ini sangat padat. Selain itu, pengaruh dari musim penghujan ini, akan dilakuakn pemeriksaan setiap hari, bahkan kalau perlu sehari dua kali," kata Manager Humas PT KAI Daop 8, Gatut Styatmoko, Selasa (20/12/2016).

Menurut Gatut, wesel merupakan titik sentral sehingga perawatan rutin dilakukan, tidak hanya pengecekan, pemberian pelumas juga menjadi agenda rutin. "Jadi alat pengarah jalur itu dilayani dari sentral pengendalian, makanya pemeriksaan rutin, terlebih sekarang ini angkutan Natal dan Tahun baru," terang Gatut.

Selain itu, pihak Daop 8 juga menyiapkan alat material untuk siaga (AMUS) pada titik-titik yang dianggap rawan seperti banjir dan longsor. "Pemeriksaan yang cukup ekstra pada seluruh jalur KA maupun perondaan di lintas KA juga di lakukan," tandas Gatut.

Diketahui, PT KAI telah memberlakukan masa angkutan Natal dan Tahun baru ini dimulai sejak selama 17 hari yang lalu, atau pertanggal 23 September 2016 hingga 8 Januari 2017 mendatang. [ito/suf]

Komentar

?>