Selasa, 19 Juni 2018

Harga Elpiji 3 Kg di Masalembu Paling Murah Rp 25 Ribu

Jum'at, 16 Desember 2016 00:16:50 WIB
Reporter : Temmy P.
Harga Elpiji 3 Kg di Masalembu Paling Murah Rp 25 Ribu
foto: ilustrasi

Sumenep (beritajatim.com) - Harga elpiji 3 kg di Pulau/ Kecamatan Masalembu, Kabupaten Sumenep, paling murah tercatat Rp 25 ribu per tabung.

"Harga itu hanya di kecamatannya. Kalau masuk lagi desa-desa, atau menyeberang ke pulau lain meskipun sama-sama Kecamatan Masalembu, harganya bisa lebih tinggi dari Rp 25 ribu, karena harus memperhitungkan ongkos transportasi," kata Kepala Sub Bagian Perekonomian Pemkab Sumenep, Suhermanto, Kamis (15/12/2016).

Ia memaparkan, sesuai peraturan bupati (Perbup), harga elpiji 3 kg di wilayah kepulauan memang bervariasi, tergantung pada jarak dari pangkalan. Semakin jauh lokasi distribusi dari pangkalan, maka harga akan semakin mahal.

"Nah, di Pulau Masalembu memang tercatat sebagai daerah dengan harga elpiji tertinggi di wilayah Kepulauan Sumenep, karena jaraknya paling jauh dari pangkalan. Sedangkan harga elpiji 3 kg di pangkalan hanya Rp 16 ribu per tabung," ujarnya.

Ia memaparkan, harga elpiji di wilayah kepulauan disesuaikan dengan biaya angkut dari titik pangkalan ke konsumen. Dalam perbup dijelaskan, harga elpiji di luar Kota Kecamatan Kepulauan, Forpimka melalui musyawarah dapat menambah ongkos angkut.

"Misalnya di Pulau Raas, di Kecamatannya harga elpiji Rp 22 ribu per tabung. Tapi ketika di bawa ke tempat lain yang masih menggunakan alat angkut lagi, harganya bisa berubah lebih mahal, karena beban biaya transportasi tambahan," ungkapnya.

Menurutnya, sesuai aturan yang berlaku, Forpimka boleh menambah biaya sesuai dengan kebutuhan. Hal tersebut mengingat kenyataan di beberapa tempat tidak ada pangkalan elpiji terdekat. Akibatnya memang konsumen agak kesulitan mendapatkan elpiji.

"Karena itu, di tahun 2017 kami berencana supaya di setiap desa ada satu pangkalan elpiji. Dengan demikian diharapkan harga jual elpiji hingga ke konsumen ini tidak terlalu mahal," pungkasnya. [tem/suf]

Tag : elpiji

Komentar

?>