Kamis, 24 Agustus 2017

Inilah Sumber Kemelut Harga Gula Nasional

Kamis, 29 September 2016 09:11:50 WIB
Reporter : -
Inilah Sumber Kemelut Harga Gula Nasional

Jakarta (beritajatim.com) - Komoditas gula menjadi polemik yang tidak pernah ada solusinya. Boleh jadi kemelut harga gula dan sikap pemerintah yang tidak menjabarkan secara rinci tentang kuota impor raw sugar semakin membuat runyam tata niaga gula di dalam negeri.

Asosiasi Petani Tebu Rakyat Indonesia (APTRI), menuturkan, di Indonesia setidaknya ada 63 perusahaan yang berbasis tebu dan 18 perusahaan berbasis gula rafinasi.

Arum Sabil, Ketua Dewan Pembina APTRI, menyebut perusahaan yang berbasis raw sugar kapasitasnya telah mencapai 5 juta ton sedangkan yang berbasiskan tebu hanya 245.000 ton/hari. "Ini catatan untuk pemerintah," kata Arum di Gedung DPD RI, Rabu (28/9/2016).

Padahal, Arum berdalih, kalau kebutuhan industri makanan dan minuman hanya 2,3 juta ton. Tentu yang menjadi pertanyaan kenapa industri rafinasi yang berbasis raw sugar berkapasitas 5 juta ton.

"Artinya pemerintah menciptakan mesin pembunuh buat petani yang berpabrik gula berbasis tebu," kata Arum.

Dia juga menerangkan bahwa pabrik gula yang berbasis impor raw sugar hanya melibatkan sebanyak 5.000 orang karyawan sementara untuk pabrik gula yang berbasiskan tebu ada hampir 1.328.000 jiwa mulai dari kuli angkut, buruh tebang hingga petaninya. [inilahcom]

Tag : gula

Komentar

?>