Minggu, 24 Juni 2018

Gudang Garam Beli Tembakau Petani Rp 43 ribu/kg

Sabtu, 17 September 2016 17:15:19 WIB
Reporter : Temmy P.
Gudang Garam Beli Tembakau Petani Rp 43 ribu/kg

Sumenep (beritajatim.com) - Gudang Garam Kediri gudang Patean Sumenep membeli tembakau rajangan milik petani dengan harga tertinggi Rp 43 ribu per kg dan terendah Rp 25 ribu per kg, tergantung pada kualitas tembakau tersebut.

"Harga tertinggi ini naik dibanding awal gudang membuka pembelian, Senin (05/09/16). Saat itu harga yang diberlakukan antara Rp 25 ribu hingga Rp 40 ribu per kg. Seminggu setelah itu, ternyata ada kenaikan harga beli karena kualitasnya juga naik, hingga mencapai Rp 43 ribu per kg," kata Wakil kuasa pembelian tembakau Gudang Garam Kediri, gudang Patean Sumenep, Freddy Kustianto, Sabtu (17/09/16).

Menurutnya, harga yang diberlakukan memang tidak sama, bergantung pada kualitas tembakau. Namun untuk gudang patean, mayoritas tembakau yang masuk gudang dibeli dengan kisaran harga Rp 39 ribu hingga Rp 40 ribu per kg.

"Yang harganya di batas minimum Rp 25 ribu per kg ya ada. Yang di atas Rp 40 ribu juga ada. Tapi rata-rata ya Rp 39-40 ribu per kg," ujarnya.

Ia memaparkan, dalam satu hari, jumlah tembakau yang masuk ke gudang sekitar 1.000 bal. Jumlah tersebut turun 50 persen dibandingkan musim tembakau tahun lalu.

"Kalau tahun lalu, per hari bisa 2.000 bal. Per bal 40 kg. Tahun ini cuma bisa separonya. Ya karena memang jumlah tembakau yang bagus dan cocok dengan cita rasa Gudang Garam cuma sedikit," terangnya.

Menurutnya, PT Gudang Garam hanya akan melakukan pembelian untuk tembakau gunung dan tegal gunung. Pihaknya tidak melakukan pembelian untuk tembakau sawah.

"Kalau tembakau sawah, mungkin pabrikan lain yang akan menyerap. Kalau Gudang Garam sejak dulu memang hanya membeli tembakau gunung dan tegal gunung," ucapnya. (tem/kun)

Komentar

?>