Rabu, 17 Oktober 2018

Mutu Tembakau Turun

Gudang Garam Pastikan Tak Turunkan Harga Pembelian

Selasa, 06 September 2016 07:54:11 WIB
Reporter : Temmy P.
Gudang Garam Pastikan Tak Turunkan Harga Pembelian

Sumenep (beritajatim.com) - Musim kemarau basah tahun 2016 menyebabkan mutu tembakau di Sumenep turun. Namun demikian, PT Gudang Garam memastikan tetap akan membeli tembakau petani dengan harga sesuai kualitas.

"Tahun ini kami mematok harga terendah untuk pembelian tembakau petani Rp 25 ribu per kilogram. Harga itu justru lebih tinggi dibanding harga terendah tahun lalu Rp 24 ribu per kilogram. Padahal kalau dari sisi kualitas, tahun ini mutu tembakau turun karena pengaruh musim kemarau basah," kata Wakil Kuasa Pembelian PT Gudang Garam Kediri, Gudang Patean Sumenep, Freddy Kustianto, Selasa (6/9/2016).

Ia memaparkan, pihaknya sudah mulai membuka pembelian tembakau petani pada Senin (5/9/2016), dengan target pembelian sebanyak 1.600 ton.

"Kalau tahun lalu, pembelian kami melebihi target 400 ton lebih. Ya mudah-mudahan saja tahun ini cuaca tetap mendukung sampai masa akhir panen, sehingga kami bisa mencapai target pembelian. Bahkan syukur-syukur kalau bisa lebih dari target," ujarnya.

Ia menerangkan, harga pembelian yang ditentukan dari PT Gudang Garam Kediri berkisar antara Rp 25 ribu - 40 ribu per kilogram bergantung pada kualitas tembakau.

"Kalau kualitasnya istimewa, tidak menutup kemungkinan, kami akan membeli dengan harga di atas Rp 40 ribu. Seperti tahun lalu, ada yang sampai tembus Rp 45 ribu per kilogram," ungkapnya.

Menurutnya, PT Gudang Garam hanya akan melakukan pembelian untuk tembakau gunung dan tegal gunung. Pihaknya tidak melakukan pembelian untuk tembakau sawah.

"Kalau tembakau sawah, mungkin pabrikan lain yang akan menyerap. Kalau Gudang Garam sejak dulu memang hanya membeli tembakau gunung dan tegal gunung," ucapnya. [tem/suf]

Tag : tembakau

Komentar

?>