Senin, 20 Nopember 2017

Jumlah Tangkapan Sedikit, Harga Ikan di Muncar Selangit

Senin, 01 Agustus 2016 10:16:30 WIB
Reporter : Rindi Suwito
Jumlah Tangkapan Sedikit, Harga Ikan di Muncar Selangit

Banyuwangi (beritajatim.com) – Menurunnya jumlah tangkapan ikan oleh nelayan di Pelabuhan Ikan Muncar mengakibatkan harga ikan di pasaran naik. Hal itu disebabkan lantaran jumlah nelayan yang melaut menurun, akibat cuaca buruk berupa gelombang tinggi dan angin kencang.

Juhairiyah salah satu pedagang ikan di Tempat Pelelangan Ikan, Brak Kalimoro, Muncar ini mengatakan, biasanya ikan tongkol dijual dengan harga Rp 10 ribu sampai Rp 15 ribu perkilogram. Tapi sekarang harganya melonjak tajam hingga mencapai Rp 20 ribu perkilogram.

Sedangkan harga ikan lemuru sebelumnya hanya dikisaran Rp 5000 perkilogram, saat ini dijual Rp 10 ribu perkilogtam. Jenis udang juga demikian, harganya saat ini 30 ribu atau meningkat sekitar Rp 5000 perkilo. Cumi-cumi semula pedagang hanya menjual Rp 30 ribu saat ini meningkat menjadi Rp 40 ribu perkilogram.

“Kenaikan harga ini mulai dari Rp 5000 ribu sampai Rp 10 ribu perkilogram. Karena jumlah permintaannya banyak, tapi ikannya nggak ada,” katanya.

Menurut pedagang, kondisi ini sudah berlangsung selama sepekan terakhir. Akibatnya, hal ini juga memaksa jumlah jenis tangkapan ikan kurang beragam. Sejumlah ikan yang biasa memadati lapak dagangan pedagang, kini justru kosong. Padahal saat keluar ikan, di tempat ini pedagang membeli tidak menggunakan sistem timbang, tapi berdasarkan jumlah takaran timba atau ember.

“Biasanya satu timba itu Rp 25 ribu, untuk ikan jenis lemuru, kenyar, merenying, tribang tapi sekarang kosong, paling yang ada sekarang ya ikan jenis pancingan itu. Karena nelayan perahu besar tidak melaut, gelombangnya tinggi,” jelasnya.

Mahalnya harga ikan ini juga membuat jumlah pembeli di TPI ini turun drastis. Bahkan, tak sedikit dari mereka yang terpaksa mengurangi jumlah pembelian ikan. Hal itu juga mangakibatkan stok ikan para pedagang tidak terjual habis. Jika dalam sehari rata-rata mereka mampu menjual 1 kuintal ikan, kini hanya 30 – 50 kilogram saja. (rin/kun)

Komentar

?>