Selasa, 14 Agustus 2018

Jelang Lebaran

Pengiriman Uang di Kantor Pos Pamekasan Rp 15 Miliar Lebih

Selasa, 28 Juni 2016 19:36:21 WIB
Reporter : Samsul Arifin
Pengiriman Uang di Kantor Pos Pamekasan Rp 15 Miliar Lebih

Pamekasan (beritajatim.com) - Pengiriman uang tunai dari sejumlah tenaga kerja Indonesia (TKI) asal Kabupaten Pamekasan, yang diterima Kantor Pos Cabang setempat, mencapai hingga Rp 15 miliar.

Banyaknya jumlah pengiriman tersebut, disinyalir karena berdekatan dengan pelaksanaan Hari Raya Idul Fitri 1437 Hijriyah. Bahkan dalam seminggu terakhir, jumlah pengiriman terus mengalami peningkatan.

"Banyaknya jumlah pengiriman uang ini, karena momentum lebaran. Sehingga para TKI yang belum bisa mudik, hanya bisa mengirim uang beserta paket ke sanak famili mereka," Kepala kantor Pos Cabang Pamekasan, Hadi Ernowo, Selasa (28/6/2016).

Selain itu, jumlah pengiriman tersebut didominasi oleh para TKI yang berasal dari lima kecamatan di daerah yang identik dengan slogan Bumi Gerbang Salam. Masing-masing kecamatan Batumarmar, Pagantenan, Palengaan, Pasean dan Waru.

Mereka menerima paket dan kiriman uang tunai dari empat Negara berbeda, yang notabene merupakan 'basis' para TKI. Seperti Arab Saudi, Hongkong, Malayasia dan Taiwan. "Paling banyak pengiriman uang ini dari TKI yang bekerja di Arab Suadi," ungkapnya.

Pengiriman paket untuk bulan ini meningkat signifikan dibandingkan bulan sebelumnya, bahkan mencapai hingga 45 persen. "Untuk pengiriman uang pada hari-hari biasa, hanya mencapai Rp 300 hingga Rp 400 juta setiap harinya. Menjelang lebaran ini, pengiriman uang dari para TKI mencapai Rp 800 juta/hari," jelasnya.

"Jika diprosentasi secara keseluruhan, pengiriman selama ini sudah mencapai 45 persen dari luar negeri. Bahkan bisa lebih meningkat lagi hingga 66 persen, jika digabungkan dengan pengiriman dari warga Pamekasan, yang bekerja di luar daerah," pungkasnya. [pin/kun]

Tag : tki pamekasan

Komentar

?>