Kamis, 17 Agustus 2017

Era Jokowi Senang Impor Gula

Senin, 27 Juni 2016 13:54:18 WIB
Reporter : -
Era Jokowi Senang Impor Gula

Jakarta - Era Presiden Joko Widodo angka impor gula rafinasi (raw sugar) sangat tinggi, dari data Badan Pusat Statistik (BPS) sepanjang tahun 2016 ini angka impor gula dan kembang gula tercatat naik hingga 92,08 persen dengan nilai mencapai US$ 86 juta.

Menteri Perindustrian (Menperin), Saleh Husin sangat menyayangkan masih tingginya angka impor gula (raw sugar) yang di lakukan Indonesia.

"Sekarang masih banyak juga bahan baku yang kita impor masih cukup tinggi, gula misalnya tinggi sekali impornya terutama gula untuk industri," kata Menperin Saleh Husin di Kantor Kemenko Ekonomi, Senin (27/06/2016).


Politisi partai Hanura ini pun menyayangkan tingginya angka impor gula. Menurut Menperin, lahan pertanian untuk komoditas gula di Indonesia masih cukup baik, walaupun dalam tahun ke tahun mengalami penyusutan.

"Makanya kita ingin duduk bersama dengan Kementerian Pertanian dan BUMN bagaimana pengembangan industri gula bisa mendapatkan bahan baku dari dalam negeri, lahannya kita tingkatkan," ujarnya.

Sebelumnya, Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan mengeluarkan izin impor gula mentah sebesar 381 ribu ton yang ditugaskan melalui PT Perkebunan Nusantara (PTPN). Keputusan ini sudah disepakati di dalam rapat koordinasi di tingkat Kementerian Koordinator bidang Perekonomian.

Menurut data Kemendag, impor gula mentah Indonesia tahun lalu sebesar 2,8 juta ton. Sementara pada tahun ini, Pemerintah memberi kuota gula mentah impor sebesar 3,22 juta ton.[inilah.com]

Tag : gula impor

Komentar

?>