Kamis, 20 September 2018

Pengembang Apartemen Wajib Sediakan Lahan Pemakaman

Minggu, 19 Juni 2016 20:30:11 WIB
Reporter : M. Ismail
Pengembang Apartemen Wajib Sediakan Lahan Pemakaman

Sidoarjo (beritajatim.com)--Kendati apartemen belum menjamur, Kabupaten Sidoarjo sudah mempunyai regulasi terkait fasum dan fasos apartemen. Salah satunya pengembang apartemem wajib menyediakan lahan pemakaman umum.

Perhitungannya setiap unit apartemen harus tersedia lahan makam dua meter persegi.

Sebelum berdirinya apartemen di wilayah Sidoarjo sudah disiapkan regulasinya. Yakni Perda Fasum dan Fasos. Dalam perda itu, salah satu kewajiban pengembang apartemen menyediakan lahan makam.

"Dengan demikian, tinggal mengalikan berapa unit apartemen yang dibangun," tegas Kabid Tata Ruang Dinas Pekerjaan Umum (PU) Cipta Karya dan Tata Ruang, Yanuar Santosa, Minggu (19/6/2016).

Kata Yanuar, bila tidak memungkinkan menyediakan lahan makam sendiri, pengembang bisa berkoordinasi dengan REI Sidoarjo. Sebab, REI Sidoarjo mengakomodasi lahan makam untuk perumahan dan apartemen.

Wakil Ketua Komisi C DPRD Sidoarjo, Juana Sari, mengatakan, dalam Perda Fasum Fasos sudah diatur kewajiban perumahan dan apartemen.

"Saat mengurus izin, pengembang harus melengkapi atau melampirkan adanya penyediaan makam," pintanya.

Demikian pula, jika penyediaan makam dikoordinir REI harus transparan. Anggaran untuk penyediaan makam umum dihimpun dari pengusaha perumahan.

"Jika ikut REI harus jelas berapa nominal yang harus dibayar," tandas politisi Partai Demokrat itu.

Mantan Ketua Pansus Raperda Fasum dan Fasos ini menegaskan, jika aturan penyediaan makam diabaikan pengusaha, Pemkab Sidoarjo berhak tidak mengeluarkan izinnya. Sebab, di Perda Fasum Fasos sudah diatur hal tersebut.

Sementara itu, Ketua REI Sidoarjo, Susilo Effendy, mengakui jika apartemen memang diwajibkan menyediakan lahan makam untuk tiap unit dua meter persegi. Jika makam apartemen itu ikut REI, maka akan dijadikan satu dengan makam perumahan yang dibangun REI.

Namun, Susilo enggan menjelaskan berapa kewajiban yang harus dibayar pengembang apartemen maupun perumahan.

"Tergantung lahan yang kita bebaskan. Tapi sudah ada perkiraannya, seperti saat ini kita bangun makam di Desa Gampengrowo, Kecamatan Tarik," tandasnya.

Seperti diketahui, sejauh ini di Kabupaten Sidoarjo baru ada dua apartemen, yakni Tamansari Prospero di Kahuripan Nirwana Village dan apartemen Sipoa Grup di Tambak Oso, Waru. Tidak menuntup kemungkinan akan bermunculan apartemen-apartemen baru seiring perkembangan perumahan di Kota Delta Sidoarjo. [air/isa]

Berita Terkait

    Komentar

    ?>