Minggu, 22 Januari 2017

Ini Penyebab Tangkapan Ikan Nelayan Mandangin Menyusut

Minggu, 05 Juni 2016 14:57:56 WIB
Reporter : Zamachsari
Ini Penyebab Tangkapan Ikan Nelayan Mandangin Menyusut

Sampang (beritajatim.com) - Kerusakan terumbu karang di perairan Pulau Mandangin ternyata cukup parah. Hasil observasi yang dilakukan oleh tim penyelam Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim (LPBI) NU Kabupaten Sampang, Madura, diketahui 70 persen terumbu karang mengalami kerusakan.

Salah seorang tim penyelam LPBI-NU Sampang Parmadi, menjelaskan, kerusakan karang-karang di perairan Desa Pulau Mandangin, Kecamatan Sampang Kota Kabupaten Sampang ini, sudah cukup parah sehingga mengancam ekosistem laut.

"Dampak, hasil tangkapan nelayan jadi minim. Karena jumlah ikan berkurang akibat terumbu karang yang menjadi rumah bagi ikan rusak," terangnya, Minggu (5/6/2016).

Lebih jauh dirinya mengatakan, ada beberapa faktor yang menyebabkan terumbu karang rusak dan berkurang, diantaranya minimnya kesadaran masyarakat sehingga dengan mudah mengambil batu karang untuk keperluan bangunan, termasuk juga penangkapan ikan dengan menggunakan potas.

"Pemerintah apabila tidak mampu membuat terumbu karang buatan, minimal pemerintah proaktif memberi pemahaman kepada masyarakat nelayan pentingnya menjaga terumbu karang dan lingkungan perairan," harapnya.

Terbaru, LPBI-NU Sampang telah melakukan penanaman terumbu karang buatan di perairan pulau Mandangin. Diharapkan, kegiatan tersebut menjadi cantoh agar kedepan masyarakat dan pemerintah lebih peduli dengan kelestarian laut.[sar/ted]

Tag : ikan menyusut

Komentar

?>