Kamis, 20 September 2018

Jember Perlu Videotron Publikasi Potensi Daerah

Selasa, 15 Maret 2016 12:41:39 WIB
Reporter : Oryza A. Wirawan
Jember Perlu Videotron Publikasi Potensi Daerah

Jember (beritajatim.com) - Bupati Faida direkomendasikan untuk memperbaiki sistem informasi bagi masyarakat agar lebih mudah diakses. Salah satunya melalui pemasangan videotron di sejumlah titik di Kabupaten Jember.

"Pemerintah Kabupaten Jember ke depan hendaknya menyediakan videotron di beberapa titik yang mudah dilihat masyarakat. Isinya publikasi tentang ikon-ikon khas Jember, baik yang menyangkut seni, budaya, pariwisata, atau produk-produk khas," kata Wakil Ketua DPRD Jember Ni Nyoman P. Martini.

Selain itu, DPRD memandang perlu ada perbaruan dan pelengkapan sistem pengadaan informasi bagi masyarakat. "Misalnya dengan tersedianya website untuk pemerintah kabupaten secara umum, satuan kerja perangkat daerah, DPRD, yang lengkap, terkelola dengan profesional, selalu aktif dan mudah diakses," kata Martini.

Sebagai bagian dari keterbukaan, menurut Martini, kinerja Pejabat Pengelola Informasi dan Dokumentasi (PPID) belum optimal. "Di era keterbukaan ini, keberadaan PPID sangat penting. Masyarakat perlu mendapat akses dan kemudahan informasi tentang penyelenggaraan dan kesuksesan pemerintahan dan pembangunan," katanya.

"Kecepatan dan kemudahan masyarakat memperoleh informasi, sesungguhnya merupakan jembatan untuk menyosialisasikan di satu sisi, sekaligus memperoleh tanggapan, kritik dan input balik," kata Martini. PPID diharapkan dapat berfungsi optimal, menyajikan informasi kepada masyarakat tentang penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan.

Selain masalah informasi, DPRD Jember memandang perlu bagi bupati untuk mendesain sistem layanan yang integratif sebagai kunci sukses pelayanan publik. "Pelayanan publik merupakan tugas utama penyelenggaraan pemerintahan. Jadi memang perlu ada model pelayanan satu atap atau pintu untuk perizinan dan pengurusan administrasi, dengan jaminan ketepatan dan kepastian waktu, biaya dan kesederhanaan prosedur adalah dambaan masyarakat pengguna layanan," kata Martini.

"Jadi hendaknya Pemerintah Kabupaten Jember segera melaksanakan Peraturan Daerah tentang Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP)," tegas Martini. [wir]

Komentar

?>