Rabu, 26 Juli 2017

Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Kediri Naik

Jum'at, 09 Januari 2015 16:49:15 WIB
Reporter : Nanang Masyhari
Cuaca Buruk, Harga Ikan Laut di Kediri Naik

Kediri (beritajatim.com) - Cuaca buruk yang terjadi di laut sepekan terakhir ini, menyebabkan harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kota Kediri mengalami kenaikan. Para pengepul ikan laut mengaku, stok ikan terbatas, sementara permintaan dari konsumen terus meningkat.

Seperti di Pasar Tradisional Setono Betek Kota Kediri, kenaikan harga ikan laut antara Rp 2 hingga 5 ribu rupiah per kilogram (Kg). Pengepul ikan laut asal Kabupaten Tuban Maman mengaku, banyak nelayan di wilayahnya yang tidak berani melaut, karena cuaca buruk.

‎"Stok ikan laut berkurang hingga 30 persen dari kondisi normal. Penurunan stok ikan karena disebabkan karena cuaca buruk di laut. Penurunan stok juga menyebabkan harga ikan laut naik," ujar Maman, Jumat (09/1/2015)

Harga ikan tongkol yang semula hanya Rp 16 ribu per Kg, sekarang Rp 18 ribu per Kg, ikan tuna yang sebelumnya Rp 22 ribu per Kg, sekarang Rp 25 ribu per Kg,‎ harga cumi-cumi yang sebelumnya Rp 25 ribu per Kg, tetapi sekarang Rp 30 ribu per Kg, harga udang yang sebelumnya Rp 60 ribu, kini menjadi Rp 65 ribu per kilogram.

Kenaikan harga ikan laut ini tidak diikuti oleh harga ikan air tawar, yang relatif stabil. Sebab, pasokan ikan air tawar dari tambak kini dalam kondisi normal. Pengepul maupun pedagang memprediksi, harga ikan akan segera turun, seiring dengan perubahan cuaca. [nng/kun]

Tag : ikan

Komentar

?>