Rabu, 18 Oktober 2017

Pelindo III Resmi Operasikan Pelabuhan Teluk Lamong

Rabu, 12 Nopember 2014 20:05:08 WIB
Reporter : Renni Susilawati
 Pelindo III Resmi Operasikan Pelabuhan Teluk Lamong

Surabaya (beritajatim.com)-Badan Usaha Milik Negara PT Pelabuhan Indonesia III (Persero) atau Pelindo III resmi mengoperasikan Terminal Teluk Lamong secara komersial yang ditandai dengan pelayanan bongkar muat petikemas kapal MV Intan Daya 4, Rabu (12/11/2014).

Kapal milik PT Maskapai Pelayaran Pulau Laut itu menurunkan muatan 156 boks petikemas dan menaikkan 134 boks petikemas di Terminal Teluk Lamong.

Direktur Utama Pelindo III Djarwo Surjanto mengatakan kegiatan pelayanan pertama kali secara komersial itu menandakan Terminal Teluk Lamong telah benar-benar siap melayani kegiatan bongkar muat barang. 

Menurutnya, untuk sementara ini fokus pelayanan masih pada pelayanan petikemas domestik. “Hingga akhir tahun 2014 masih kita fokuskan dulu pada pelayanan petikemas domestik.  Khusus untuk petikemas internasional kita harapkan awal tahun 2015 sudah bisa kita layani,” jelas Djarwo.

Belum mulainya pelayanan petikemas internasional dikarenakan Pelindo III masih harus berkoordinasi dengan pihak Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.  Hal itu terkait dengan penentuan wilayah kepabeanan dan sejumlah aturan-aturan terkait kegiatan ekspor dan impor barang.  Menurut Djarwo, koordinasi dengan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai kini masih terus dilakukan hingga saat ini.

“Kami sudah beberapa kali ketemu dan berkoordinasi dengan pihak bea dan cukai.  Semoga saja segera keluar kebijakan sehingga kegiatan pelayanan internasional di Terminal Teluk Lamong segera berjalan,” tambahnya.

Direktur PT Maskapai Pelayaran Pulau Laut Hamdan Yasin mengatakan kapal MV Intan Daya 4 yang melakukan kegiatan bongkar muat di Terminal Teluk Lamong memiliki rute Surabaya-Pekanbaru.  Yasin mengaku, selama ini kegiatan bongkat muat kapal miliknya dilakukan di Terminal Petikemas Surabaya (TPS).  Keputusan untuk mengalihkan kegiatan ke Terminal Teluk Lamong dikarenakan teknologi yang digunakan diharapkan dapat mempercepat waktu pelayanan.

“Kami upayakan dalam satu bulan setidaknya tiga kali akan melakukan kegiatan bongkar muat di Terminal Teluk Lamong.  Ini pilihan lain di Pelabuhan Tanjung Perak selain di Terminal Berlian dan TPS,” kata Yasin.[rea/ted]

Tag : pelindo

Komentar

?>