Ekbis

Wow! Bandeng Berbobot 7,8 Kg Juara Kontes di Gresik

Gresik (beritajatim.com)– Kepala Desa Pangkah Wetan, Kecamatan Ujungpangkah, Gresik, Syaifullah Mahdi memenangi kontes bandeng tradisional 2019 yang diselenggarakan Pemkab Gresik, Sabtu (31/5/2019).

Berat bandeng petani asal Desa Pangkah Wetan tersebut mencapai 7,8 kilogram. Petani yang juga merangkap kades tersebut menyisihkan kontestan lainnya dan berhak atas hadiah uang Rp 15 juta.

Menurut Sandi sapaan akrabnya, untuk mencapai keberhasila itu, dirinya melakukan budidaya bandeng selama 9 tahun. Tidak mudah melakukan budidaya bandeng seberat 7,8 kilogram. Bahkan, banyak kendala yang dihadapi selama melakukan budidaya. “Saya tidak menyangka bisa meraih juara pertama mengingat pesaingnya berat-berat,” tuturnya.

Ia menambahkan, kendala yang dihadapi dalam melakukan pola budidaya bandeng salah satunya adalah sirkulasi air yang tidak menentu. Pasalnya, jika airnya berwarna sedikit hitam bisa mempengaruhi berat bandeng. “Sirkulasi air yang tidak menentu menjadi kendala terberat kami,” tambahnya.

Kontes bandeng tradisional merupakan ikon budaya masyarakat Gresik. Pasalnya, setiap menjelang lebaran pasar bandeng selalu dibanjiri masyarakat baik dari Gresik maupun luar daerah. [dny/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar