Ekbis

Whatsapp Down, Pebisnis Online Merugi

Surabaya (beritajatim.com) – Imbas dari beberapa layanan media sosial yang mengalami down, khususnya whatsapp sejak Rabu (22/5/2019) pagi, membuat beberapa pelaku bisnis online, merugi.

Salah satunya seperti diungkapkan owner dari pelaku bisnis online kosmetik, AK Shop, Ayik Arie. Menurut Ayik, gara-gara layanan whatsapp yang mengalami down, orderan yang diterima menurun drastis.

“Jelas rugi besar. Karena whatsapp menjadi tumpuan kita yang menjalani bisnis online. Sehingga kejadian ini membuat pesanan kita menurun dari biasanya,” katanya kepada beritajatim.com.

Seperti diketahui, sejak Rabu pagi, layanan media sosial, instagram, facebook dan Whatsapp mengalami down. Melalui situs Down Detector, WhatsApp eror terjadi hampir merata di Pulau Jawa, Bali, Nusa Tenggara, serta beberapa kota di Kalimantan, Sulawesi, dan Sumatera. Sementara Instagram eror terjadi merata di Pulau Jawa, Bali, dan beberapa kota di Sumatera.

Penyebab beberapa layanan media sosial tersebut down, dikarenakan ada pembatasan dari pemerintah, dalam hal ini kominfo terkait aksi 22 Mei 2019.

Langkah itu dilakukan untuk mencegah provokasi hingga penyebaran berita bohong kepada masyarakat. Seperti disampaikan Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Wiranto di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu (22/5/2019).

“Akan kita adakan pembatasan akses di media sosial, fitur tertentu, untuk tidak diaktifkan untuk menjaga agar hal-hal negatif terus disebarkan ke masyarakat,” kata Wiranto.

Pemerintah melihat, berdasarkan rangkaian peristiwa hingga kerusuhan pecah, terlihat ada upaya membuat kekacauan nasional. Hal itu terlihat dari pernyataan tokoh-tokoh yang kemudian menyalahkan aparat keamanan atas jatuhnya korban jiwa.

Wiranto melihat ada upaya membangun kebencian hingga anti kepada pemerintah. Padahal, kata dia, ada aksi brutal yang dilakukan kelompok lain selain pendemo. Mereka menyerang petugas, merusak asrama Polri di Petamburan, membakar sejumlah kendaraan, dan aksi brutal lain. [kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar