Ekbis

TPI Nusantara Brondong Jadi Pusat Ekonomi Masyarakat Lamongan

Lamongan (beritajatim.com) – Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Nusantara Brondong merupakan jantung perekonomian masyarakat Lamongan. Lokasi TPI Nusantara Brondong ini bertempat di Jalan Raya Daendels No.17 Brondong, Kabupaten Lamongan.

Ada berbagai macam profesi yang dapat dijumpai di TPI Nusantara Brondong ini. Tidak hanya nelayan saja, ada juga supir truk, tukang becak, buruh, hingga karyawan swasta yang menggantungkan perekonomian mereka di tempat ini.

Setiap harinya di TPI Nusantara Brondong sekitar 30 kapal yang melelang ikan.
Kapal tersebut kemudian dibongkar muatannya. Ikan-ikan yang ditangkap nantinya akan dilakukan penyortiran, penimbangan, pelelangan, dan pengiriman.

Kurang lebih ada sekitar 50 Ton ikan dalam sehari yang dilelang di tempat ini. Ainur Rofiq (53) kapten nelayan kapal menuturkan terkait hasil tangkapan ikan yang dimuat oleh kapalnya.

“Ada 13 Ton ikan yang berhasil saya tangkap tergantung ukuran kapal. Ada yang bisa mencapai 20-25 ton untuk kapal yang berukuran paling besar. Kapal saya ini termasuk ukuran sedang. Kalau yang paling kecil hanya muat membawa 5-8 Ton ikan saja,” katanya, Senin (1/7/2019).

Ikan yang ditangkap di TPI Brondong biasanya dibeli oleh pabrik-pabrik lokal sekitar. Ada pula yang sampai keluar kota seperti kota Semarang dan Jakarta. [man/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar