Ekbis

Tim Satgas Pangan Temukan Boraks di Pasar Singosari

Malang (beritajatim.com) – Tim Gabungan Satgas Pangan Kabupaten Malang yang dipimpin KBO Satuan Reskrim Polres Malang, Iptu Momon Suwito Pratomo, menemukan dan menyita natrium biborat, natrium piroborat, natrium tetraborat (boraks). Zat tidak menyehatkan itu ditemukan saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) di Pasar Singosari, Kabupaten Malang, Senin (16/12/2019) siang ini.

Sidak yang dilakukan oleh Tim Gabungan Satgas Pangan Kabupaten Malang ini, terdiri dari Kepolisian, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Dinas Kesehatan, Dinas Perhubungan, dan Satpol PP Kabupaten Malang. Sidak guna memantau harga pangan menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2020.

Iptu Momon Suwito Pratomo mengatakan, kegiatan sidak ini dilakukan secara acak dan terus dilakukan dalam rangka menjaga harga menjelang Natal dan Tahun Baru agar tetap stabil.

“Dalam sidak di pasar Singosari ini, kami banyak menemukan boraks yang dijual oleh sejumlah pedagang,” ungkapnya.

Dengan adanya temuan ini, lanjut Momon, pihaknya hanya menemukan boraks yang dijual oleh sejumlah pedagang. Boraks itu kemudian disita petugas. Para penjual boraks ini rata-rata tidak mengetahui bahaya dari boraks, dan dilarang menjualnya.

“Barang-barang ini untuk sementara kami sita. Selain itu, para pemilik barang ini kami periksa sebagai saksi, dari mana barang itu berasal. Karena ini (boraks) sangat berbahaya, tidak untuk dikonsumsi. Para pedagang rata-rata tidak paham,” jelasnya.

Salah satu pedagang yang kedapatan menjual boraks, Siti Badriyah, mengaku dirinya mendapat boraks tersebut dengan membeli di pasar induk Gadang.

“Saya kulak (membeli, red) di pasar Gadang. Saya membeli karena ada yang minta, biasanya digunakan untuk buat Bakso dan kerupuk dengan alasan biar mekar,” tuturnya. [yog/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar