Ekbis

Tim Satgas Pangan Polresta Sidoarjo Sidak Pasar

Sidoarjo (beritajatim.com) – Tim Satgas Pangan Polresta Sidoarjo dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Sidoarjo melakukan sidak ke pasar yang ada di Sidoarjo Senin (13/5/2019).

Inspeksi mendadak terpaksa dilakukan untuk mewaspadai kenaikan harga komoditi kebutuhan pokok jelang lebaran 2019. Hasil dari sidak le pasar-pasar itu, harga kebutuhan pokok yang dijual di pasaran Sidoarjo masih terbilang stabil.

“Harga kebutuhan pokok masih terbilang stabil. Bahkan ada bahan pokok makanan yang sebelumnya naik, sekarang sudah turun,” kata Kasat Reskrim Polresta Sidoarjo Kompol. Muhammad Harris.

Harris menyebutkan, seperti bawang putih, jika sebelum ramadan seharga Rp 50 ribu sampai Rp 60 ribu/kilogram, saat ini mencapai Rp 33 ribu per kilogram.

Kenaikan harga kebutuhan pokok saat ini dinilai tidak terlalu signifikan. Misal ayam dari Rp 30 ribu/kilogram menjadi Rp 35 ribu/kilogram.

“Gula dari sebelumnya Rp10.500/kilogram menjadi Rp 11.500/kilogram. Begitu juga harga beras yang hanya naik Rp 200 rupiah perkiligramnya,” jelasnya.

Meski demikian, pihaknya bekerjasama dengan Disperindag, Bulog dan dinas Pertanian akan terus memantau harga kebutuhan pokok selama ramadan. Sehingga kenaikan harga kebutuhan pokok jelang lebaran bisa diminimalisir.

“Seminggu sekali akan kita lakukan pengecekan. Baik di pasar-pasar tradisional maupun ke tempat distributor,” jelas Harris.

Harris menambahkan, saat menjelang lebaran nanti ada pihak-pihak yang melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok. Sehingga harga kebutuhan pokok dipasaran melonjak tinggi.

“Makanya, untuk menekan angka lonjakan kebutuhan pokok Satgas Pangan akan intensif turun lapangan meminimalisir kemungkinan terjadinya penimbunan maupun permainan harga kebutuhan pokok di pasar,” tegasnya. (isa/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar