Ekbis

Sambut Mudik Lebaran, Rest Area Tol Jomo Diresmikan

Jombang (beritajatim.com) – Dua lokasi rest area atau tempat istirahat di tol Jomo (Jombang-Mojokerto) diresmikan, Senin (8/4/2019). Dua lokasi itu masing-masing rest area Teras Melati di KM 695 dan Teras Dipa di KM 698.

Peresmian tempat istirahat di jalan tol yang dikelola PT Astra Infra Tol Road Jombang – Mojokerto itu untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jalan. Selain itu, juga untuk persiapan menyambut arus mudik lebaran.

“Ini salah satu persiapan kita menyambut arus mudik lebaran. Semoga dengan adanya kedua tempat istirahat itu, dapat memberikan kenyamanan bagi pengguna tol. Sekaligus menjadikan daya tarik tersendiri bagi masyarakat pada umumnya,” ujar Presiden Direktur Asrta Tol Jomo, Wiwiek D Santoso, usai peresmian.

Peresmian rest area itu juga dihadiri Bupati Jombang Hj Mundjidah Wahab beserta Wabup Sumrambah dan pejabat di lingkungan pemkab setempat. Dalam kesempatan itu, Mundjidah menggunting pita sebagai simbol diresmikannya rest area yang berada di KM 695.

Begitu pita tergunting, tepuk tangan hadirian langsung pecah. Rumbai-rumbai beraneka warna diterbangkan. Selanjutnya, dengan didampingi Presiden Direktur Asta Tol, orang nomor satu di Jombang ini melihat secara langsung ke beberapa ruangan. Termasuk mengamati maket rest area.

Mundjidah mengatakan, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada Astra Tol. Pasalnya, keberadaan rest area tersebut juga melibatkan Bumdes (Badan Usaha Milik Desa) dan UMKM di Jombang. Produk UMKM berasal dari Jombang akan dipasarkan di rest area tersebut.

“Harapan kami, dengan melibatkan UMKM dan Bumdes, makan bisa menggerakkan ekonomi warga sekitar tol. Karena produk lokal akan dipasarkan di tempat istirahat dan pelayanan tersebut. Kami ucapkan terimakasih kepada Astra Tol,” ujar bupati.

Wiwiek D Santoso membenarkan bahwa salah satu yang akan mengisi rest area tersebut adalah produk UMKM dan Bumdes. Bukan hanya itu, perangkat meja kursi yang menghiasi rest area tersebut juga asli Jombang. Namun demikian, untuk mini market diambilkan dari luar Jombang.

“Yang mengisi food court (pusat makanan) adalah produk UMKM dan Bumdes asal Jombang. Sedangkan mini market kita ambilkan dari luar. Karena keberadaan kami ini di Jombang, maka yang kami utamakan adalah produk-produk asal Jombang,” ujar Wiwiek.

Memadukan Keindahan Alam

Wiwiek menjelaskan, rest area Teras Melati KM 695 dan Teras Dipa KM 698 merupakan tempat istirahat tipe B. Lokasi tersebut menghadirkan konsep berbeda, yakni memadukan keindahan alam dan bangunan modern. Rest area tersebut semakin menarik karena mempunyai ruang terbuka hijau.

Hamparan sawah menghijau menjadi latar. Tentu saja, hal itu semakin memanjakan para pengguna jalan tol yang sedang istirahat. Mereka bisa berswafoto dengan pemandangan sawah yang indah. “Kita menyuguhkan lokasi foto yang instagramable,” kata Wiwiek sembari menunjuk lokasi yang dimaksud.

Selain tempat istirahat dengan aneka kuliner, fasilitas lainnya adalah masjid dan bangunan utamanya. Kemudian lokasi parkir yang luas dengan kapasitar 74 kendaraan kecil dan delapan kendaraan besar. Yang tidak kalah penting adalah hadirnya tenant makan yang memfasilitasi pengusaha lokal, termasuk UMKM. [suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar