Ekbis

Rupiah Melemah Terimbas Koreksi Mata Uang Regional

Jakarta (beritajatim.com) – Nilai tukar (kurs) rupiah yang ditransaksikan antarbank di Jakarta, Rabu (27/3) pagi, melemah seiring koreksi mata uang regional Asia. Pada pukul 9.50 WIB, kurs rupiah melemah 36 poin atau 0,26 persen menjadi Rp 14.209 per dolar AS dibanding posisi sebelumnya Rp 14.173 per dolar AS.

Direktur Utama PT Garuda Berjangka Ibrahim Assuaibi mengatakan pelemahan rupiah seiring dengan perkembangan Brexit yang masih dicermati oleh pasar. Ia memprediksi Rabu ini rupiah akan terkoreksi. “Rupiah hari ini akan melemah dan diperdagangkan di kisaran Rp 14.138 hingga Rp 14.215 per dolar AS,” ujar Ibrahim di Jakarta, Rabu (27/3).

Siaga Brexit berlanjut setelah Dewan Perwakilan Inggris memberikan suara pada hari Senin (25/3) lalu di Inggris untuk mengambil kendali atas proses Brexit dari Perdana Menteri Inggris Theresa May. Anggota parlemen sekarang dijadwalkan untuk memilih berbagai opsi penarikan pada hari ini.

Pekan lalu, tenggat waktu Brexit yang semula ditetapkan untuk 29 Maret 2019, ditunda setidaknya dua minggu lagi untuk memberi May waktu dalam menghasilkan solusi Brexit yang lebih baik. Namun, May mengatakan bahwa dia masih kekurangan dukungan untuk mendapatkan kesepakatan Brexit, yang ditolak dua kali awal tahun ini, untuk pemungutan suara ketiga.

Pada Rabu pagi ini, dolar AS menguat terhadap Yuan 0,03 persen, dolar Singapura 0,09 persen, Baht 0,28 persen. Dolar AS melemah terhadap Won 0,11 persen dan Yen 0,06 persen. Sementara itu, kurs tengah Bank Indonesia pada Rabu menunjukkan rupiah melemah menjadi Rp14.202 per dolar AS dibanding hari sebelumnya di posisi Rp14.171 per dolar AS. [kun]

Sumber: Antara

Apa Reaksi Anda?

Komentar