Ekbis

Ribuan Ayam Joper Didistribusikan ke Ponpes

Gresik (beritajatim.com) – Ribuan ayam joper mulai didistribusikan ke sejumlah pondok pesantren (Ponpes) yang mengikuti program kelompok santri milenial, atau KSTM.

Para santri yang mengikuti KSTM itu, sebelumnya telah melakukan bimtek tentang pelatihan pembuatan kandang, pemeliharaan, pembuatan pakan hingga pemanfaatan feses ayam untuk pupuk kandang.

Dosen Politeknik Pembangunan Pertanian Malang, (Polbangtan) Luki Amar Hendrawati yang ditunjuk Kementerian Pertanian terkait dengan program ini menuturkan, tahap awal ada bantuan 500 ekor ayam joper, dan 1 ton pakan untuk setiap ponpes.

“Melalui program KSTM ini diharapkan generasi milenial ada rasa ingin tahu dan kecintaan terhadap kegiatan pertanian dan peternakan,” tuturnya, Kamis (16/05/2019).

Ia menambahkan, untuk bantuan KSTM ini. Bantuan yang diberikan adalah ternak hidup yang dibagi menjadi tiga zona.

“Zona Gresik Selatan terdiri dari tiga zona. Antata lain, Ponpes Al Hikmah, Ponpes Miftahul Ulum, dan Mambaul Ulum. Sementara Gresik Utara meliputi Ponpes Al Miftah, Ponpes Robithotul Ashfiya, dan Ponpes Al Karimi. Sedangkan Gresik Utara yakni Ponpes Mamba’il Ihsan, Al Muniroh, Ponpes Salafy Al Fitroh, Ponpes Daruttaqwa di drop dari Dinas Pertanian,” tambahnya.

Setelah pemberian bantuan lanjut Luki, setiap KSTM masih mendapatkan pendampingan dari Dinas terkait dan mahasiswa PKL Politeknik Pembangunan Pertanian Malang selama tiga bulan.

Sekretaris Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) NU Gresik, Imam Junaidi mengatakan, setelah ini diharapkan banyak program dari Kementerian lainnya yang bisa didapatkan pondok pesantren.

“Kami sangat ingin membentuk jiwa jiwa entrepreneurship dari golongan santri dikemudian hari,”pungkasnya. [dny/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar