Ekbis

Ratusan Pelaku UMKM Dapat Motivasi dari Pengusaha Cokelat Tempe

Malang (beritajatim.com) – Owner Cokelat Tempe, Yoga Surya Pratama bercerita sekilas tentang bisnis yang ia jalani saat menjadi salah satu pembicara di acara Surya Bincang Bisnis bersama HP, pada Sabtu, (27/4/2019) dihadapan ratusan pelaku UMKM. Dia memulai bisnis sejak masih SMA pada tahun 2011.

“Namun saat itu susah sekali untuk menjual produk. Sehari itu kadang laku satu, dua bahkan tidak laku. Saya terus berjuang selama dua tahun hingga akhirnya pada 2013 saya bisa menempatkan produk cokelat tempe di sebuah toko oleh-oleh di Kota Batu. Itu pun karena toko itu baru buka. Jadi kami mendapatkan tempat di situ,” kata Yoga.

Yoga menuturkan, produk cokelat tempe yang ia produksi selalu ditolak oleh toko oleh-oleh. Bahkan Yoga mengatakan, produk olahan tempe itu juga tidak diterima di tempat oleh-oleh sentra tempe di Sanan.

Namun kini kondisinya berbeda. Berbagai inovasi dan kreatifitas pemasaran yang dilakukan oleh telah berbuah manis. Produknya telah banyak dikenal orang. Bahkan, orang luar Kota Malang lebih banyak mengenal cokelat tempe daripada orang Malang Raya sendiri.

“Soalnya saya kalau promosi targetnya itu ke Surabaya, Bandung atau Jakarta. Saya mencari peluang orang-orang yang berlibur ke Kota Malang. Mereka kalau mau ke Kota Malang pasti sudah membuat list oleh-oleh,” paparnya.

Dikatakan Yoga, dalam sehari ia pernah mendapatkan omset hingga Rp 25 juta. Keuletannya itu kini telah membuahkan hasil. Ia pun berharap, kisahnya itu bisa menginspirasi banyak orang sehingga membantu perekonomian masyarakat.

Sementara itu Fajar Hariyanto menegaskan bahwa produk-produk HP juga turut serta mendukung pertumbuhan UMKM di Indonesia. Salah satu yang ia perkenalkan adalah printer. Printer memang sangat diperlukan oleh pelaku UMKM untuk membuat pembukuan atau pendataan.

Fajar pun menegaskan kalau produk yang dibuat oleh HP betul-betul produk yang terbaik. HP, secara global setiap satu detik mengirimkan satu printer. Hal itu menunjukkan kepercayaan publik terhadap produk HP. “Produk HP ini mulai dari yang kecil sampai yang besar ada. HP adalah vendor printer nomor 1 di dunia,” ucapnya.

Dengan kemajuan teknologi, hasil print HP kualitasnya juga sangat bagus. Selain itu, untuk mencetak tidak diperlukan lagi menggunakan kabel, melainkan menggunakan wireless. “Kami berharap, dengan adanya acara ini, para tamu undangan bisa mendapatkan manfaat positif. Produk-produk HP tetap menjadi bagian dari lika-liku kebutuhan konsumen yang khususnya bergerak di bidang UMKM,” tandasnya. (luc/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar