Ekbis

PLN Gencar Kenalkan Kompor Listrik

Surabaya (beritajatim.com) – PT PLN (Persero) semakin gencar mengkampanyekan gerakan penggunaan kompor listrik induksi. Tujuannya menjadikan Indonesia Biru melalui penggunaan energi listrik yang ramah lingkungan. Salah satunya dengan menggelar acara Electrizen Cooking Competition setelah sukses di gelar di Surabaya beberapa waktu lalu kini juga digelar di bekasi.

Menurut I Made Suprateka, Executive Vice President Corporate Communication and CSR PT PLN (Persero), program ini tidak hanya menjelaskan efisiensi dan target peningkatan produktifitas, dari penghematan penggunaan energi saja, melainkan ke depannya program ini bertujuan lebih luas.

“Pertama, program edukasi yang dilakukan melalui kerjasama dengan ibu-ibu penggerak PKK dan berjalan secara simultan dari pekan kelima bulan Maret 2019, sampai di akhir bulan April 2019, bertujuan meningkatkan produktivitas rumah tangga perorangan dan juga bagi usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) kuliner. Jadi kami ingin menyebarkan kebiasaan, sekaligus mengedukasi masyarakat rumah tangga, khususnya rumah tangga yang kerap menggunaakan aktifitas masak-memasak di rumah. Di luar rumah tangga perorangan, kami menyasar juga pengusaha UMKM yang bergerak di bidang kuliner,”papar Made.

Sambil menekankan kepada para pengguna kompor listrik induksi, bahwa menggunakan kompor listrik akan lebih aman, karena terhindar dari bahaya kebakaran seperti pada penggunaan kompor gas, tetapi juga penggunaan kompor listrik lebih mudah, karena energi listriknya sudah disediakan oleh PLN. Aman di sini dalam makna secara lebih luas, adalah dari segi energi buang, maka menggunakan energi listrik dalam memasak, sekaligus juga berarti aman, dalam arti, praktis tidak ada gas buang (reduksi) yang akan mengakibatkan polusi.

Selain mudah, produktivitas bagi pengusaha UMKM diharapkan dapat lebih meningkat. Mengapa demikian, karena dengan suhu panas yang merata secara stabil, proses waktu (lamanya memasak) menjadi lebih singkat. Di sini menggunakan kompor listrik induksi akan lebih efisien.

“Program Electrizen Cooking Competition ini akan mengarah pada agenda-agenda bidang terkait di seluruh Indonesia. Prioritas kami terutama, adalah daerah-daerah yang menjadi tujuan wisata kuliner. Dengan program tujuan destinasi pariwisata di Indonesia, maka sektor turisme pariwisata Indonesia, kini tidak lagi hanya dibangun dengan situs dan pemandangan yang indah, tetapi juga dibangun melalui kebanggaan dan ciri khas kuliner setempat,” jelasnya.

Salah satu peserta dalam Program Electrizen Cooking Competition, Siti Nasuha, Wakil IV (Pokja IV) PKK RW 04 Tebet Barat Jakarta Selatan, mengaku tidak asing dengan penggunaan kompor listrik induksi, karena saudaranya sudah terlebih dahulu memilikinya. “Ternyata setelah mencoba sendiri, kompor listrik induksi ini lebih cepat dan murah,” tandasnya.[rea/kun]

Apa Reaksi Anda?

Komentar