Ekbis

Peringati HUT RI, Lima BUMN ini Tanam Cemara dan Bersih Pantai Tuban

Tuban (beritajatim.com) – Sebagai wujud nyata BUMN hadir untuk Negeri dan juga memperingati HUT RI yang ke-74, lima perusahaan yang merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) melakukan kegiatan Coastal Clean Up dan Penanaman Pohon. Kegiatan berlangsung di pantai Mangrove Center, Desa Jenu, Kecamatan Jenu, Tuban, Sabtu (17/8/2019).

Selain melakukan kegiatan bersih sampah di pantai Tuban itu, PT Pertamina bersinergi bersama para BUMN lain seperti PT INKA (Persero), PT PAL Indonesia (Persero), PTPN XI dan PT Waskita Karya (Persero) Tbk juga memberikan bantuan bibit tanaman Mangrove dan juga Cemara. Kegiatan tersebut dilakukan di Tuban dengan tujuan supaya kehadiran perusahaan BUMN itu bisa dirasakan oleh masyarakat Tuban.

Pantauan beritajatim.com di lapangan, kegiatan yang berlangsung di pantai Mangrove Center itu diawali dengan tanam pohon yang diikuti oleh para perwakilan perusahaan BUMN itu dan juga para pelajar serta masyarakat. Selanjutnya, peserta melakukan bersih pantai termasuk dari para pelajar dari program Siswa Mengenal Negeri yang berasal dari Gorontalo.

“Ini semuanya merupakan rangkaian kegiatan BUMN hadir untuk negeri dalam rangka 17 Agustusan yang sudah kita lakukan kelima kalinya. Ada beberapa kegiatan yang dilakukan di Tuban ini,” terang Fajar Harry Sampurno, selaku Deputi Bidang Usaha Pertambangan Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN.

Kegiatan dalam rangka peringatan HUT RI yang dikoordinatori oleh Pertamina (Persero) itu memberikan bantuan sebanyak 10 ribu bibit kepada Mangrove Center Tuban. Yang mana sebanyak 5 ribu bibit merupakan tanaman Magrove dan 5 ribu bibit Cemara yang akan ditanam di kawasan pantai Tuban.

“Di antara kegiatan saat ini ada juga Siswa Mengenal Nusantara, yang berasal dari Gorontalo. Kemudian juga ada kegiatan program bedah rumah veteran, dan kebetulan untuk di Jawa Timur yang menjadi koordinator adalah Pertamina bersama BUMN lainnya” tambahnya.

Dalam kegiatan bersih-bersih pantai dan menanam pohon Cemara itu, lima perusahaan BUMN itu juga langsung melibatkan warga masyarakat sekitar Kecamatan Jenu, Kabupaten Tuban. Selain itu, kegiatan bersih sampah di kawasan pantai itu juga dilombakan dan pesertanya yang dapat sampah terbanyak mendapatkan hadiah jutaan rupiah.

“Untuk besuk adalah kegiatan puncaknya, ada kegiatan jalan sehat dan kemudian pasar murah,” pungkasnya.

Sementara itu, dipilihnya Kabupaten Tuban untuk menjadi lokasi kegiatan yang BUMN hadir untuk Negeri itu salah satunya mengingat Tuban akan menjadi tempat pembangunan proyek kilang minyak yang besar. Sehingga masyarakat diharapkan tahu akan ada proyek besar kilang minyak dan memberikan dukungan.

“Kita ingin mengajak masyarakat Tuban juga untuk tahu bahwa akan ada proyek besar strategis di sini, dan masyarakat untuk terus mendukung keberhasilan sampai pendirian kilang di sini. Dan yang kedua kami (Pertamina) juga sudah punya operasi Terminal Bahan Bakar Minyak (TBBM) di Tuban yang ini sangat mendukung distribusi BBM di Jawa Timur dan juga Tuban dan sekitarnya,” ungkap Basuki Trikora Putra, selaku Direktur Pemasaran Korporat PT Pertamina (Persero). [mut/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar