Ekbis

Perikanan Jadi Unggulan Baru Kota Batu

Budidaya Ikan Lele menggunakan kolam terpal, Senin (8/7/2019)

Batu (beritajatim.com) – Kota Batu merupakan kota yang unggul dalam bidang pertaniannya. Sekitar 60% penduduk Kota Batu berprofesi sebagai petani. Namun sekarang, tidak hanya bidang pertanian yang menjadi sektor unggulan Kota Batu, justru bidang perikanan juga memiliki potensi tinggi.

“Hasil ternak ikan Lele dan Nila ini biasanya saya distribusikan ke Batu sendiri dan juga Kota Malang. Sebenernya ada juga ikan mas, tapi kurang begitu dinikmati. Mungkin karena harganya yang bisa dikatakan cukup tinggi dibanding ikan lainnya”, ujar Kardi (53), Peternak Ikan Desa Oro-oro Ombo, Selasa (9/7/2019).

Pemerintah dalam hal ini memberikan dukungan besar kepada para peternak ikan. Hal itu dibuktikan dengan pendistribusian bibit ikan Lele dan Nila sebanyak 25 ribu bibit. Tidak hanya itu, pemerintah juga memberikan bantuan berupa terpal untuk kolam ikan, hiblow, seser basket, dan perlengkapan lainnya berdasarkan kebutuhan masing-masing kelompok ternak.

“Dalam satu bulan kita bisa memproduksi ikan Nila kurang lebih 2000 kilogram, sedangkan ikan Lele kurang lebih 2300 kilogram “, ungkapnya.

Hendry Suseno, Sekretaris Dinas Pertanian, menjelaskan bahwa di Kota Batu ini ada sekitar 220 rumah tangga yang bergerak dalam bidang perikanan tergabung dalam kelompok Tani di Kota Batu. Hal ini karena belum adanya kelompok khusus perikanan di Kota Batu ini. Untuk di Desa Oro-oro Ombo sendiri ada 6 petak kolam terpal ikan yang dikelola kelompok Tani Panderman.

“Pak Wibi Santoso, Ketua PKK Kota Batu, rencananya mau mencanangkan gerakan makan ikan. Disamping untuk mengenalkan pada Kota-kota lain akan potensi perikanan kita, juga untuk mencerdaskan generasi-generasi penerus kita”, pungkas Kardi. [muh/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar