Ekbis

Penggunaan Terminal Baru di Bandara Trunojoyo Tunggu Verifikasi Kemenhub

Terninal penumpang baru di Bandara Trunojoyo Sumenep

Sumenep (beritajatim.com) – Penggunaan terimal penumpang yang baru di Bandara Trunojoyo Sumenep tinggal menunggu verifikasi Dirjen Perhubungan Udara.

“Rencana pemanfaatan terminal penumpang itu agak mundur dari rencana awal pada akhir Februari, karena tim verifikator masih melakukan verifikasi di bandara lain,” kata Kepala Unit Penyelenggara Bandara Kelas III Trunojoyo Sumenep, Indra Triyantono, Kamis (27/02/2020).

Ia menjelaskan, secara teknis, terminal penumpang di Bandara Trunojoyo sudah siap digunakan. Seluruh peralatan dan fasilitas penunjang, termasuk interior di terminal baru itu sudah siap.

“Untuk maskapai penerbangan yang memanfaatkan Bandara Trunojoyo juga sudah siap. Mereka cuma perlu waktu satu malam untuk pindah dari terminal lama ke terminal baru,. Kebetulan hanya ada satu maskapai komersil” ujarnya.

Indra memaparkan, sebelum terminal penumpang itu dioperasikan, wajib dilakukan sertifikasi untuk menstandarkan pelayanan di bandara.

“Dalam verifikasi itu, akan dipastikan bahwa proses keamanan dan keselamatan penerbangan tidak terabaikan,” ucapnya.

Ia menambahkan, sampai saat ini pihaknya masih intens melakukan koordinasi dengan Dirjen Perhubungan Udara, terkait proses verifikasi tersebut.

“Semoga di awal Maret nanti, tim verifikator bisa ke Sumenep dan menyelesaikan proses verifikasi terminal baru di Bandara Trunojoyo,” tukasnya.

Terminal penumpang tersebut terdiri dua lantai. Untuk aktivitas keberangkatan dan kedatangan penumpang akan dipusatkan di lantai I. Sedangkan di lantai II disiapkan sebagai aktivitas komersial berupa lokasi ‘food court’ atau pusat jajanan serba ada (Pujasera), dan sebagian lagi sebagai ruang pertemuan. [tem/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar