Ekbis

Pedagang Telur Asin Akan Boleh Jualan di Tol

Jakarta (beritajatim.com) – Keluhan bahwa keberadaan jalan tol Trans Jawa membuat pendapatan usaha kecil dan menengah (UKM) seperti pedagang telur asin Brebes akan segera teratasi begitu mereka dapat berjualan di Rest Area Tol Trans Jawa.

Anggota Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo- KH Maruf Amin, Muhammad Misbakhun mengatakan bahwa pemerntah pasti telah memperhitungkan aspek ekonomi dari pembangunan jalan Tol Trans Jawa.

“Kami meyakini, pemerintah telah memperhitungkan aspek ekonomi dari pembangunan jalan tol Trans Jawa terutama kepada kearifan lokal yang ada, salah satunya ialah pedagang telur asing di jalur pantura yang telah berlangsung sejak lama,” kata Misbakhun di Jakarta, Rabu (20/2/2019).

Politisi Golkar itu mengatakan bahwa saat ini para BUMN sudah urunan untuk membentuk perusahaan yang akan mengelola rest area yang ada di Tol Trans Jawa. PT PP Tbk melalui pemegang saham terbesar diikuti Jasa Marga Poperti, Waskita Karya, PTPN dan RNI. Para BUMN itu akan menfasilitasi keberadaan UKM untuk dapat memperoleh manfaat maksimal dari pengoperasian Tol Trans Jawa.

“Jadi tidak usah khawatir bahwa para pelaku UKM seperti pedagang telur asin di pantura akan kehilangan pasar. Justru pasar mereka akan semakin besar karena langsung ditempatkan di tempat-tempat strategis yang dilewati banyak mobil,” ujarnya.

Bahkan ,lanjutnya, karena akan mendapatkan pendampingan dari BUMN, para pelaku usaha kecil itu akan semakin berkembang karena bisa saja dibantu dari sisi akses permodalan dan pasar oleh BUMN.Seperti kita ketahui, BUMN memiliki program bina lingkungan yang dapat dipergunakan membantu masyarakat dan UKM.

“Jadi semua itu telah diproyeksikan oleh pemerintah agar masyarakat di Jalur Pantura turut merasakan manfaat pembangunan jalur tol Trans Jawa demi meningkatkan keuntungan hasil jualan mereka. Kalau saat ini belum terasa, itu karena pembangunan rest area masih terus dilakukan. Tapi begitu mereka sudah masuk rest area, kesejahteraan pelaku UKM langsung meningkat,” kata angota DPR dari daerah pemilihan Jawa Timur ini. [hen/but]

Apa Reaksi Anda?

Komentar