Ekbis

OJK Kembali Dorong Pembentukan TPAKD di Situbondo dan Lumajang

Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin dan staf OJK Galih Rahmawati

Jember (beritajatim.com) – Otoritas Jasa Keuangan Kabupaten Jember, Jawa Timur, memiliki wilayah kerja yang meliputi lima kabupaten, yakni Jember, Lumajang, Bondowoso, Situbondo, Banyuwangi. Dari lima kabupaten itu, Situbondo dan Lumajang belum memiliki TPAKD (Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah).

“Untuk Situbondo dan Lumajang memang masih belum. Nanti kami sampaikan ke kedua bupati untuk meminta dukungan juga,” kata Kepala OJK Jember Azilsyah Noerdin, di sela-sela acara buka puasa bersama di Kabupaten Jember, Jawa Timur, Kamis (16/5/2019) petang.

Berdasarkan situs resmi OJK, TPAKD merupakan suatu forum koordinasi antar instansi dan stakeholders terkait untuk meningkatkan percepatan akses keuangan di daerah dalam rangka mendorong pertumbuhan ekonomi daerah serta mewujudkan masyarakat yang lebih sejahtera.

TPAKD dibentuk dengan tujuan sebagai berikut:
1. Mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat dalam
rangka mendukung perekonomian daerah.
2. Mencari terobosan dalam rangka membuka akses keuangan yang lebih produktif bagi
masyarakat di daerah.
3. Mendorong LJK (Lembaga Jasa Keuangan) untuk meningkatkan peran serta dalam pembangunan ekonomi daerah.
4. Menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan
layanan jasa keuangan.
5. Mendorong optimalisasi potensi sumber dana di daerah dalam rangka memperluas penyediaan pendanaan produktif antara lain untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan (start up business) dan membiayai pembangunan sektor prioritas.
6. Mendukung program Pemerintah dalam upaya meningkatkan indeks inklusi keuangan di
Indonesia.

Azilsyah mengatakan, pergantian pimpinan daerah terkadang juga menjadi tantangan bagi OJK dalam menguatkan TPAKD. Pasalnya pergantian pimpinan daerah biasanya diikuti pergantian jajaran organisasi perangkat daerah yang membutuhkan koordinasi ulang dalam Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD). “Kendalanya di situ. Tapi tetap bisa kami koordinasikan. Kami terus berkoordinasi dengan pemerintah kabupaten setempat,” katanya.

Azilsyah mencontohkan pergantian kepala daerah di Bondowoso. “Kami sampaikan ke Pak Bupati (baru), bahwa kami punya program TPAKD yang dijalankan dan kami tetap minta dukungan Pak Bupati supaya kegiatan tetap berjalan, dan koordinasi dengan jajaran beliau tetap bisa kami lakukan,” katanya.

“Sama halnya dengan Jember. Kami sampaikan ke bupati, bahwa kami terus melakukan kegiatan dan terus berkoordinasi,” kata Azilsyah.

Pekan depan, OJK Jember akan melaksanakan rapat koordinasi TPAKD di masing-masing kabupaten tersebut. “Kami akan sampaikan dan evaluasi. Ini masih digodok. Mungkin setelah rakor, kami baru tahu gambaran utuhnya (mengenai capaian kinerja selama ini, red),” kata Azilsyah. [wir/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar