Ekbis

Nelayan Prigi Tak Berani Melaut, Harga Ikan Laut di Kediri Naik

Kediri (beritajatim.com) – Harga ikan laut di sejumlah pasar tradisional di Kota Kediri, Jawa Timur mengalami kenaikan hingga 20 persen. Kenaikan harga ikan laut ini disebabkan oleh penurunan pasokan ikan dari Pantai Prigi Trenggalek.

Seperti di Pasar Setono Betek, Kota Kediri, pasokan ikan laut menurun hingga 50 persen dari hari biasa. Krisis ikan laut ini terjadi sejak sebulan terakhir, setelah gelombang besar yang mengakibatkan para nelayan di Pantai Prigi tak bisa melaut.

Bastomi, salah satu pedagang ikan mengaku, saat ini pasokan ikan laut dari Trenggalek berkurang, sehingga mengakibatkan kenaikan harga rata – rata Rp 2 ribu hingga 3 ribu perkilonya atau berkisar 20 % dari harga biasanya. Kenaikan harga tertinggi adalah ikan tuna yang mencapai harga Rp 26 ribu.

“Karena harganya naik, maka penjualan menurun. Sebab, daya beli masyarakat turun,” kata Bastomi di pasar, Selasa (12/2/2019).

Sementara itu, kenaikan harga tidak berlaku pada ikan jenis air tawar, sehingga warga lebih memilih untuk membeli ikan air tawar, yang harganya relatif stabil. Untuk harga jenis ikan air tawar, bandeng Rp 22 ribu dan patin Rp 22 ribu perkilonya [nng/ted].

Apa Reaksi Anda?

Komentar