Ekbis

Natal dan Tahun Baru, BI Malang Siapkan Rp 1,89 Triliun

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPwBI Malang, Rini Mustikaningsih.

Malang(beritajatim.com) – Memasuki natal dan tahun baru (Nataru) Kantor Perwakilan Bank Indonesia (KPwBI) Malang menyiapkan uang tunai sebesar Rp 1,89 triliun untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. BI memperkirakan adanya peningkatan kebutuhan uang kartal memasuki Nataru.

Kepala Tim Sistem Pembayaran, Pengedaran Uang Rupiah, Layanan dan Administrasi KPwBI Malang, Rini Mustikaningsih mengatakan peningkatan permintaan terdiri dari pecahan Uang Pecahan Besar (UPB) dan Uang Pecahan Kecil (UPK). Wilayah BI Malang sendiri meliputi, Malang Raya, Kota/Kabupaten Pasuruan, hingga Kota/Kabupaten Probolinggo.

“Untuk di wilayah kerja BI Malang, jumlah uang tunai yang dipersiapkan tersebut meningkat sekitar Rp 313 miliar atau sekitar 19,8% dibandingkan pada periode yang sama tahun 2018. Permintaan ini meningkat sesuai pola musiman,” ujar Rini, Jumat, (20/12/2019).

Rini menyebut, untuk mengantisipasi kebutuhan uang tunai dan kegiatan transaksi sistem pembayaran, BI Malang mempersiapkan layanan kas, baik melalui jaringan kantor BI maupun layanan perbankan. Layanan ini dilakukan dengan ekstensifikasi layanan penukaran melalui kas keliling dan titik penukaran di pusat kegiatan maupun di kantor cabang perbankan.

“Layanan kas dibuka di 22 titik layanan oleh 9 bank umum dan satu titik layanan di loket Bank Indonesia. Layanan penukaran masyarakat umum dimulai sejak tanggal 16 hingga 20 Desember, sedangkan layanan kebutuhan nasabah dan intern perbankan dimulai sejak tanggal 16 hingga 27 Desember baik untuk uang pecahan besar maupun pecahan kecil,” tandas Rini.

Sementara itu, secara nasional BI menyiapkan uang tunai sebesar Rp105,0 triliun atau naik sebesar 7,2 persen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat seluruh Indonesia jelang Natal dan akhir tahun 2019. (luc/ted)

Apa Reaksi Anda?

Komentar