Ekbis

Mudik ke Pulau Sapeken dari Banyuwangi Berangkat 7 Kali

Banyuwangi (beritajatim.com) – Kepala Kantor Kesyahbandaran Dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Tanjungwangi, Banyuwangi Letkol (mar) Agus Winartono menyebut selama arus mudik lebaran tahun ini terdapat tujuh pelayaran dari Banyuwangi ke Pulau Sapeken dan kepulauan kecil Madura maupun sebaliknya. Khusus untuk angkutan lebaran disiapkan 4 armada kapal.

“Kesiapan arus mudik dari Banyuwangi ke Pulau Sapeken disiapkan 4 kapal. Di antaranya, 3 kapal perintis yaitu Sabuk Nusantara 92, 115 dan 46 dan 1 kapal bantuan dari Dinas Perhubungan Propinsi Jawa Timur yaitu kapal Sumekar,” kata Agus, Selasa (28/5/2019).

Sementara itu, kata Agus, untuk jadwal keberangkatan kapal ada 7 kali sebelum hari H. “Dimulai tanggal 30 dan 31 Mei 2019 yaitu kapal Sumekar dari Dinas Perhubungan Propinsi untuk mudik gratis, tanggal 1 Mei 2019 Sabuk Nusantara 115, tanggal 2 untuk kapal SN 46 dan 115, dan tanggal 5-7 Juni kapal SN 92,” ungkapnya.

Meski demikian, kata Agus, jadwal masih dapat berubah. Pasalnya, hingga saat ini belum dapat ditentukan karena alasan tertentu. “Untuk jadwal Pelni ini dinamis ya, karena kemarin ada kabar ada perubahan lagi. Nanti akan fix jika kita telah menerima info atau employ nya,” ujarnya.

Tahun ini, lanjut Agus, layanan pelayaran menuju Pulau Sapeken cukup banyak dibanding tahun lalu. Pasalnya tahun lalu hanya ada 4 kali pemberangkatan. “Penambahan ini karena evaluasi tahun lalu ada lonjakan penumpang yang cukup banyak. Dengan 7 kali pelayaran ini diharapkan jangan sampai tidak ada yang termuat lagi,” pungkasnya. (rin/kun)

Apa Reaksi Anda?

Komentar