Ekbis

Manfaatkan Potensi Lokal, Efektif Perkuat Sektor Ekonomi Masyarakat

Pamekasan (beritajatim.com) – Dosen Ilmu Ekonomi Institut Agama Islam (IAI) Al-Khairat Pamekasan, Matnin menilai kebijakan ekonomi berbasis kekeluargaan dengan memanfaatkan potensi lokal sangat efektif untuk memperkuat sektor ekonomi masyarakat.

Hanya saja hal tersebut belum dipahami secara penuh oleh masyarakat, apalagi selama ini masyarakat masih menganggap produk luar (non lokal) seolah-olah jauh lebih baik dibandingkan produk lokal. Sehingga keberadaan produk kalah bersaing dan cenderung tertinggal.

“Prinsipnya, kebijakan ekonomi berbasis kekeluargaan dengan memanfaatkan potensi lokal memang sangat efektif. Salah satunya demi memperkuat ekonomi lokal di Pamekasan,” kata Matnin, Selasa (18/6/2019).

Upaya pemerintah kabupaten (pemkab) Pamekasan dalam mempromosikan potensi lokal dari sektor ekonomi, semisal promosi batik tulis. Dinilai langkah tepat demi mendongkrak sektor ekonomi masyarakat, khususnya yang bergerak di sekror batik di daerah berslogan Bumi Gerbang Salam.

“Jadi selama ini, kendala mendasar mengenai hasil produk justru terletak pada aspek komitmen. Apalagi juga ada anggapan dari masyarakat jika produk luar dinilai lebih baik dibandingkan produk lokal, padahal tidak selalu seperti itu,” ungkapnya.

Dari itu, langkah pemerintah melalui berbagai kebijakan yang ditelurkan dinilai memberikan dampak positif bagi sektor ekonomi dan pemberdayaan, khususnya di sektor batik tulis. Terlebih dengan langkah branding terhadap batik tulis, juga dinilai berdampak positif bagi pertumbuhan sektor ini.

“Hemat kami, kebijakan bupati Pamekasan yang anti maenstream ini merupakan upaya untuk membongkar paradigma lama tentang produk yang berkembang di masyarakat. Hal itu luar biasa dan sangat memalukan perekonomian berbasis kerajinan lokal,” jelasnya.

Tidak hanya itu, pihaknya berharap bakal lahir berbagai kebijakan lain yang berhubungan dengan peningkatan sektor ekonomi masyarakat. Apalagi selama ini pemerintah juga komitmen untuk mempromosikan berbagai produk lokal demi mewujudkan Pamekasan Hebat.

“Tentu kita berharap nantinya bakal ada kebijakan lain yang juga mendorong peningkatan sektor ekonomi lainnya, dalam artian bukan hanya sektor batik semata. Tetapi juga terhadap sektor lain yang juga berorientasi demi kesejahteraan masyarakat Pamekasan,” pungkasnya. [pin/ted]

Apa Reaksi Anda?

Komentar