Ekbis

Klaim Tak Berdampak Disrupsi Distribusi

M-Pulsa Tambah Menu Belanja Grosir

Surabaya (beritajatim.com) – M-Pulsa startup asal Madura yang baru satu tahun merintis kini mulai menunjukkan perkembangan yang menggembirakan. Jumlah penggunanya terus mengalami peningkatan bahkan tidak hanya mereka yang ada di kota besar tetapi juga UKM yang ada di pelosok desa memanfaatkan aplikasi M-Pulsa untuk bisnisnya.

Untuk melengkapi kebutuhan penggunanya M-Pulsa mengembangkan diri dengan menambah beberapa fitur yang dibutuhkan para pengguna yang sebagian besar dalam UKM retail, konter pulsa, toko kelontong dan pedagang grosir.

Abdul Muidz SE MM Founder M-Pulsa mengatakan, peritel kecil selama ini kulakan barang ke pedagang grosir yang ada di daerah daerah dan mata rantai tersebut tersambung hingga di tingkat distributor.

“Banyak aplikasi-aplikasi besar yang mematikan bisnis para UKM retail, kami melihat jika mereka tidak dibantu maka akan banyak yang gulung tikar. Dasar inilah yang pada akhirnya diluncurkan M-Pulsa dengan membuat fitur M-Point. M-Point itu adalah mitra resmi M-Pulsa dimana toko mereka bisa tampil pada aplikasi M-Pulsa dan sekaligus jualan,” kata Aad panggilan pria asal pulau garam Madura.

Untuk memudahkan pengoperasiannya M-Pulsa menambahkan webconsole agar pengguna bisa menginput barang sehingga toko kecil sekitar binaan mereka tetap bisa membeli ke mereka secara online. “Dengan sistem yang kami terapkan tidak akan merusak tatanan distribusi yang sudah ada, everybody hepy,” imbuh Aad.

Sebagaimana diketahui, M-Pulsa adalah fitur Kasir Gratis yang bisa digunakan untuk cek inventory stok toko, mengatur harga jual bahkan mencatat hutang secara detail dan terperinci. M-Pulsa ini memudahkan retail dalam menjalankan bisnisnya. Sebelumnya M-Pulsa merupakan aplikasi PPOB dan retail yang biasa kerap digunakan counter pulsa dan toko2 kelontong serta UKM retail.

Saat ini jumlah user M-Pulsa mencapai 300ribu yang tersebar di seluruh Indonesia. Dari study kasus dilakukan Aad, M-Pulsa sebesar 80% usernya terdiri dari toko retail kecil yang tidak mempunyai system pencatatan fitur keuangan yg mumpuni.

“Seringkali pemilik toko retail kehilangan profitiability yang harusnya bisa mereka tangkap jika mempunyai system keuangan yang benar, dengan fitur baru M-Pulsa peluang tersebut akan bisa didapatkan dan insya Allah pendapatan mereka juga akan bertambah,” imbuhnya.

Tujuan dari start up M-Pulsa adalah membantu user menyelesaikan permasalahan micro mereka, baik itu kebutuhan rutin ataupun tidak rutin akan tetapi dalam jangka waktu yang panjang (unlimited resource).

Aplikasi M-Pulsa bertujuan memudahkan retail UKM, outlet modern, channel, toko klontong bisa mengembangkan bisnisnya semakin meluas dan berkembang dengan menyasar perorangan dan banyak orang.

“Bertransaksi cukup dengan 1 account untuk semua produk yang dijual oleh M-Pulsa. Kami juga akan melengkapi fiturnya dengan beberapa fasilitas seperti payletter, branding, dan lainnya,” tutup Aad. [rea/suf]

Apa Reaksi Anda?

Komentar