Ekbis

Luhut : 2030 Ekonomi Indonesia Akan Capai Puncak

Surabaya (beritajatim.com) – Luhut Binsar Panjaitan, Menko Bidang Kemaritiman, memprediksi 2025 hingga 20130 nanti ekonomi Indonesia akan mencapai puncak dan bahkan akan masuk posisi ke 4 ekonomi terbesar ke 4 di Asia.

Demi mempersiapkan Indonesia menjadi kuat secara ekonomi di Asia, pemerintah pun terus menyiapkan infrastruktur sehingga saat ekonomi sudah mapan, insfratruktur pun sudah maju. Keberhasilan pembangunan infrastruktur ini juga yang membuat pertumbuhan ekonomi di Papua dan Maluku sangat tinggi.

Dikatakan, kepercayaan kepada pemerintah saat ini amat tinggi lebih tinggi dari tahun 2009 dalam 10 tahun terakhir. Indikasinya inflasi sangat baik, seperti inflasi makanan dibawah 3 persen. Sedangkan inflasi keseluruhannya terkendali di angka 3,13 persen dengan pertumbuhan ekonomi nasional 5,71 persen.

“Banyak yang minta harga makanan jangan naik, tapi Khan petani juga harus dipertimbangkan nasibnya. Pemerintah kerjanya melihat equilibrium antara konsumen dan petani yang jadi produsen makanan,” jelas Luhut, saat menjadi pembicara dalam Dialog Ekonomi Sekarang & Yang Akan Datang di Spazio Intiland, Jumat (29/3/2019) malam.

Luhut juga mengkritisi banyak pihak yang mengatakan pemerintah saat ini banyak hutang, padahal hutang Indonesia justru lebih rendah dari negara-negara Eropa seperti Denmark dan lainnya.

“Hutang negara 29 persen dari PDRB utang swasta dibawah 40 persen. Jadi bank dunia mengakui kita negara yang sangat sehat. Orang pikir kita di dikte China, gak lah di dikte dari mana?, Dari Hongkong?,” Celetuk Luhut.

Luhut menjamin Indonesia tidak memihak atau dikendalikan negara manapun. Meskipun saat ini terjadi tarik menarik dukungan antara China dan Amerika.

“Indonesia punya kekuatan yang besar dan miliki kemampuan berdiri sendiri. Bahkan Indonesia kini diperhitungkan oleh dunia,” tandasnya.[rea]

Apa Reaksi Anda?

Komentar